Menu Click to open Menus
Home » Acara » Jelang Pilkada, KPU Kutim Tetapkan 231811 DPS 2020

Jelang Pilkada, KPU Kutim Tetapkan 231811 DPS 2020

(33 Views) September 15, 2020 1:04 am | Published by | No comment

SANGATTA – Menjelang Pemilu serentak pada 9 Desember 2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kutai Timur (Kutim) telah menetapkan daftar pemilih sementara (DPS) dengan 231811 (Dua ratus tiga puluh satu ribu delapan ratus sebelas) terdiri dari 124066 laki-laki dan 107745 perempuan. Peserta pemilih dari 141 desa dan kelurahan. Hasil ini telah diplenokan dengan melibatkan laporan dari 18 kecamatan.

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Kutim Ulfa Jamiatul Farida, ditemui usai pleno di Hotel Victoria Sangatta, Senin (15/09/20).
Diterangkan Ulfa, data DPS tersebut bersumber dari Data Pemilihan Hasil Pemutahiran (DPHP).

Hingga saat ini, terdapat 769 TPS di Kutim. Namun, DPS ini belum bisa dikatakan sebagai data akhir. Pasalnya, KPU masih harus melakukan pendataan ulang secara maksimal termasuk jumlah TPS.

Data itu dapat dilihat dari DPHP sebelumnya ketika data masih diperoleh di desa. Pun juga menurutnya segala yang bersifat sementara layaknya DPS masih berpotensi besar akan berubah, mengingat tahapan selanjutnya yakni DPSHP yang akan dilaksanakan di tahapan mendatang. Menurutnya, DPSHP pun telah diatur dalam PKPU 5.

Menurutnya, DPHP dan DPS memiliki kedudukan dan status yang sama. Hanya saja, perbedaan antara tingkatan desa dan kabupaten menjadi pembeda. Lebih lanjut, ia menyebut DPHP merupakan data pemilih sementara yang inputnya masih di skala desa atau kelurahan.

Pun, DPSHP ini, merupakan bahan dasar yang akan kembali diverifikasi sebelum menjadi DPT. Menurutnya juga, rapat hari ini dapat dilaksanakan karena rekomendasi dari Bawaslu pada KPU untuk melakukan perbaikan.

Saat ditanya perihal potensi pemilih, dirinya menyebut belum mengetahui pasti. Mengingat data yang pembanding belum diproses, dapat dikatakan KPU Kutim belum memasuki tahapan tersebut.

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of