Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kutim Akan Segera Produksi Madu

Kutim Akan Segera Produksi Madu

(802 Views) November 29, 2017 5:05 pm | Published by | No comment

Sangatta – Sulitnya membedakan madu asli dan palsu bagi sebagian masyarakat, nantinya sudah tidak berlaku lagi, karena tahun 2018 mendatang, Pemerintah Kutai Timur melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) akan memproduksi madu sendiri. Nantinya Distanak akan melakukan pendampingan kepada para peternak lebah yang rencananya akan dilaksanakan di Kecamatan Bengalon.

Menurut, Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Perternakan Kutai Timur, Mardi Suaibman mengatakan, saat ini sudah ada sekitar tiga puluh koloni atau box, yang dimiliki oleh peternak, yang tergabung dalam perkumpulan pencinta lebah kolulut. Nantinya, Distanak akan memberikan pendampingan dan pelatihan, dengan mendatangkan ahli dibidang tersebut, serta membantu dalam penyediaan dan pemberian koloni, minimal seratus koloni.

Dalam tiga bulan, satu koloni dapat menghasilkan dua ratus Milliliter madu. sedangkan untuk perkembang biakan, satu koloni dalam satu tahun bisa berkembang menjadi tiga koloni. Tidak perlu perawatan khusus, hanya saja sarang harus dijaga dari hujan dan panas yang terlalu terik.

Dengan adanya peternakan sendiri maka masyarakat akan memiliki kepercayaan terhadap keaslian madu, karena dapat dibeli langsung di tempat produksi. Pengembangannya sangat mudah, namun mimiliki nilai ekonominya tinggi, serta permintaan masyarakat yang tinggi di Kutai Timur, maka diyakini dapat menjadi salah satu usaha yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Voice : Khusnul Khotimah

 

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments