Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Kutim Dapat 150 Kuota Sertifikasi Tanah Prona Untuk UKM

Kutim Dapat 150 Kuota Sertifikasi Tanah Prona Untuk UKM

(918 Views) Juli 18, 2018 3:27 pm | Published by | 2 Comments
Kepala Diskop UKM, Muhammad Husaini ditemui usai sosialiasi Perbangkan dan Perpajakan (Foto:KhusnulKhotimah)

Sangatta – Setidaknya sebanyak seratus lima puluh kuota dalam Program Agraria Nasional (Prona) dan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), diperuntuk untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kutai Timur pada tahun ini.

Demi membantu pelaku UKM agar dapat memperoleh permodalam melalui pinjaman dana dari perbankan, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur bekerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN), memberikan peluang bagi pelaku UKM untuk mendapatkan prona sertifikat tanah tempat usaha.

Dalam Sosialisasi Perkreditan dan Perpajakan yang digelar oleh Dinas Koperasi UKM (Diskop UKM) Kutai Timur, Rabu, 18 Juli, Kepala Diskop UKM, Muhammad Husaini menyampaikan, berbagai upaya dilakukan DIskop UKM untuk memberdayakan pelaku UKM, selain memberikan pendampingan para pelaku UKM untuk mengembangkan usaha, maupun akses kelembagaan keuangan perbangkan untuk mendapatkan pinjaman modal usaha.

Lebih lanjut, Husaini menambahkan, yang sering menjadi masalah para pelaku UKM untuk mendapatkan pinjaman modal yakni tidak adanya jaminan, untuk itu sudah dua tahun terakir Diskop UKM bekerjasama dengan BPN, untuk memberikan kesempatan bagi UKM yang ingin mendaftarkan tanah tempat usahanya bersertifikat, dengan harapan, jika lahannya bersertifikat maka dapat menjadi anggunan untuk pinjaman modal ke bank.

Dari kuota yang diberikan tahun lalu sebanyak seratus lima puluh, hanya dua tiga yang memenuhi syarat, sedangkan tahun ini, kuota yang diberikan masih sama yakni seratus lima puluh, namun hanya dua puluh Sembilan yang meenuhi syarat.

Jauhnya jumlah UKM yang mendapatkan prona tersebut dari kuota yang ditetapkan, menurut Husaini, dikarenakan banyak dari UKM yang tempat usahanya bukan miliknya sendiri, sehingga tidak mungkin mengajukan prona.

Voice : Kusnul Khotimah

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

2 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments
Insanawati, SE
Insanawati, SE
3 years ago

Masih bs ngurus kah skrng…??? Klo bisa mau dong ikutan biar usahax bisa lancar krn dpt dana pinjaman….makasih.

Insanawati, SE
Insanawati, SE
3 years ago

Masih bs ngurus kah skrng…??? Klo bisa mau dong ikutan biar usahax bisa lancar krn bisa dpt dana pinjaman….makasih.