Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kutim Dapat Tambahan Enam Desa Baru

Kutim Dapat Tambahan Enam Desa Baru

(2315 Views) Maret 13, 2017 9:05 am | Published by | 119 Comments

Sangatta – Meski sempat mengalami penundaan kode desa dari pemerintah pusat. Akhirnya berkat restu Pemprov Kaltim, 6 desa di Kutim resmi menjadi desa defenitip. Roda pemekaran wilayah di Kabupaten Kutai Timur terus bergerak. Bahkan, Kutim saat ini tidak lagi hanya memiliki 133 desa, akan tetapi sudah memilik 139 desa dan 2 kelurahan.

Menurut Kabag Pemerintahan Setkab Kutim, Alexander Siswanto, bertambahnya jumlah desa di Kutim menjadi 139 Desa saat ini karena ada 6 desa persiapan yang telah resmi menjadi desa definitif. Keenam desa baru ini sebenarnya telah mengantongi Peraturan Daerah (Perda) sejak jaman Bupati Kutim Isran Noor.

Lantaran ada permasalahan sehingga keenam desa ini tidak mendapatkan kode desa oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Sehingga otomatis tidak terdaftar di Kemendagri, sehingga keenamnya tidak pernah mendapatkan hak-hak sebagai desa, termasuk tidak mendapatkan dana desa dari Pemerintah pusat maupun add dari Pemkab Kutim sendiri.

Setelah mendapatkan restu dari Pemprov Kaltim untuk memperjuangkan sendiri kode desa bagi keenam desa baru ini, maka pada tahun 2016 lalu akhirnya pihak Kemendagri baru mengeluarkan kode desa bagi keenam desa tersebut. Sehingga saat ini Kutim resmi memiliki 139 desa serta dua kelurahan, yang tersebar di 18 Kecamatan di Kutim.

Insert : Aexander Siswanto (Kabag Pemerintahan)

Lebih lanjut, alexander menuturkan setelah Kutai Timur memiliki 139 desa serta 2 Kelurahan, maka di harapkan desa-desa tersebut mampu meningkatkan produktifitas dan kemandiriannya, terlebih saat ini masih 26 desa di kutim terbilang tertinggal.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

119 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments