Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kutim Lirik Tekhnologi Energi Listrik dari Pengolahan Limbah Singkong Gajah

Kutim Lirik Tekhnologi Energi Listrik dari Pengolahan Limbah Singkong Gajah

(904 Views) April 20, 2015 8:54 am | Published by | 1 Comment

Sangatta. Pemerintah Kutai Timur akan mencoba mendalami kemungkinan pemanfaatan batang tanaman singkong gajah yang dapat digunakan menjadi sumber tenaga listrik. Hal ini disampaikan Plt Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman, dalam kunjungan kerjanya ke Kecamatan Rantau Pulung, pagi tadi.

Menurut Ardiansyah penelitian terkait sumber energi listrik yang berasal dari pengolahan batang singkong gajah ini kini sedang dikembangkan oleh Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda yang bekerjasama dengan Jerman. Namun Unmul cukup tertarik untuk mengembangkan tekhnologi ini di Kutai Timur, terlebih jika melihat potensi singkong gajah yang cukup berkembang di Kutai Timur.

Lanjut Ardiansyah, dalam skala kecil, tekhnologi ini cocok jika dikembangkan dalam sebagai sumber listrik pedesaan. Namun dirinya masih akan mempelajari terkait teknologi listrik ini, yang rencananya akan dipresentasikan oleh pusat lembaga penelitian dan pengembangan (Puslitbang) Unmul dalam waktu dekat. Termasuk permasalahan pembiayaannya

Lebih jauh Ardiansyah mengatakan, Kutim sebagai daerah yang memiliki potensi lahan singkong gajah yang cukup besar, tentunya tidak menutup kemungkinan dapat mengembangkan tekhnologi listrik hasil pengolahan batang singkong ini. Dan jika tidak ingin mengembangkan tekhnologi listriknya, Kutim juga bisa menjadi penyuplay bahan briket kayu batang singkong yang juga bisa digunakan sebagai sumber energi dan sudah ditunggu oleh Jerman dan Korea sebagai pasarnya.

(Voice)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments