Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kutim Masih Butuhkan Tenaga Guru Honorer

Kutim Masih Butuhkan Tenaga Guru Honorer

(4071 Views) November 29, 2015 2:47 pm | Published by | 330 Comments

Sangatta. Kekurangan tenaga guru di Kutai Timur hingga kini masih menjadi masalah di Kutai Timur khususnya guru-guru dengan status PNS. Saat ini ada sebanyak 6.800 guru di Kutai Timur mulai TK hingga SMA. Dari angka tersebut, guru PNS berjumlah 2.403 orang  dan 2.100 orang  masih berstatus Guru Honorer atau kontrak daerah (TK2D). Sementara untuk mengangkat para guru kontrak daerah ini menjadi guru PNS, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutim terus terhambat dengan jumlah kuota yang disediakan oleh Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara (Kemenpan). Jika ingin dialih statuskan, setiap tahunnya Pemerintah harus meloloskan 750 orang guru kontrak daerah menjadi PNS. Sementara itu, kuota yang diberikan oleh pusat pada dua tahun lalu hanya 118 orang dan tahun 2014 lalu hanya 29 orang. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutai Timur Iman Hidayat, usai mengikuti Upacara Peringatan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) tahun 2015, pagi tadi, di halaman kantor Bupati Kutai Timur.

Dikatakan, saat ini untuk menutupi kekurangan guru PNS ini, Pemkab Kutim harus merekrut guru dengan status honor maupun tenaga kontrak daerah (TK2D). Sementara dari 18 kecamatan yang ada di Kutim, hanya 2 kecamatan saja yang ini masih kekurangan jatah guru PNS yakni di kecamatan Sandaran dan Kecamatan Karangan. Kekurangan ini ditutupi dengan adanya guru TK2D.

(voice)

Sementara itu, Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman mengatakan, Pemkab Kutim sudah cukup memberikan perhatian kepada guru di Kutim baik itu berstatus PNS maupun kontrak daerah, terutama dalam hal pembiayaan insentif guru. Sementara itu, dengan adanya guru TK2D atau guru honorer sangat membantu menutupi kekurangan tenaga guru khususnya di daerah terpencil.

Walaupun demikian, Ardiansyah berharap permasalahan kekurangan jatah kuota dalam setiap pengajuan PNS kepada Pemerintah Pusat khusunya untuk guru dapat dipenuhi. Sementara anggaran gaji guru kontrak daerah, dirinya mengatakan Pemkab Kutim siap untuk selalu menganggarkannya melalui APBD Kutim.

(voice)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

330 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments