Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kutim Masih Perlu 11 ribu Jamban Bagi Masyarakat Miskin

Kutim Masih Perlu 11 ribu Jamban Bagi Masyarakat Miskin

(429 Views) Juli 14, 2015 11:44 am | Published by | No comment

Sangatta. Dinas  Kesehatan Kutai Timur menyambut baik program pembangunan 1 juta Jamban yang dilaksanakan TNI khususnya Kodim 0909 Sangatta yang berada di wilayah Kodam VI Mulawarman. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kutim dr. Aisyah didampingi Kabid Pemberantasan dan Pencegahan Penyehatan Lingkungan M Yusuf, menanggapi program pembangunan 1 juta Jamban bagi masyarakat miskin di Wilayah Kutai Timur oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Dijelaskan, saat ini sebenarnya Kutai Timur masih membutuhkan lebih dari 11 ribu jamban yang harus dibangunkan bagi masyarakat miskin yang tersebar di Kutai Timur. Kebiasaan hidup yang berladang serta dekat dengan alur sungai, membuat masyarakat yang ada malas untuk membuat jamban pribadi di masing-masing rumah dan kebanyakan membuang hajat di sungai atau di ladang, tanpa membuat jamban permanen.

Ditambahkan Yusuf, dengan adanya program TNI ini tentunya menjadi pemicu bagi Pemkab Kutim agar mampu menganggarkan pembangunan jamban di Kutai Timur yang saat ini masih memerlukan lebih dari 11 ribu jamban. Selain itu, program ini dapat disingkroisasi dengan program pemerintah yakni sanitasi total berbasis masyarakat dalam upaya merubah kebiasaan masyarakat yang terbiasa membuang hajat di sembarang tempat kini berubah ke Jamban keluarga yang permanen. Sehingga hal ini dapat mengurangi dampak dari kebiasaan membuang hajat sembarangan yakni menimbulkan penyakit diare dan muntaber.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments