Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Laksanakan PP 18 Tahun 2016 terkait Perangkat Daerah, Bupati Ismu Segera Kurangi Jumlah Asisten di Setda Kutim

Laksanakan PP 18 Tahun 2016 terkait Perangkat Daerah, Bupati Ismu Segera Kurangi Jumlah Asisten di Setda Kutim

(2928 Views) Juli 5, 2016 7:36 am | Published by | 9 Comments

Sangatta. Dengan diberlakukannya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah dipastikan akan mempengaruhi struktur jajaran pejabat di lingkungan Pemerintah Kutai Timur (Kutim). Terutama dipastikan akan terjadi perombakan jumlah Asisten di lingkup Sekretariat Daerah (Setda) Kutim. Hal ini karena sesuai ini PP 18/2016 tersebut, disebutkan bahwa jumlah Asisten di lingkup Setda Kutim hanya berjumlah 3 orang pejabat saja. Sementara saat ini ada 4 pejabat Asisten di lingkup Setda Kutim. Sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Kumolo, penerapan PP 18/2016 ini sudah harus diterapkan pada dalam dua bulan kedepan.

Menanggapi hal itu, Bupati Kutai Timur Ismunandar, mengaku bahwa Pemkab Kutim siap melaksanakan PP 18/2016 tersebut. Ujar Ismu, jika memang aturan pemerintah pusat mengharuskan bahwa hanya ada tiga jabatan Asisten saja, maka akan dilakukan serupa. Tentunya kondisi ini akan kembali seperti beberapa tahun yang lalu, bahwa Asisten hanya ada tiga orang saja.

Sementara terkait instruksi bahwa dalam dua bulan kedepan PP 18/2016 ini sudah harus diterapkan, Ismu mengatakan bahwa hal tersebut bertepatan dengan rencana mutasi pejabat esselon yang akan dilakukan pada bulan Agustus mendatang. Mengingat sesuai aturan bahwa dirinya baru bisa menjalankan roda mutasi setelah menjabat selama 6 bulan.

(Voice : Bupati – Ikuti PP 18/2016)

Lebih jauh Bupati Ismu mengatakan, jika merujuk pada PP 18/2016 tersebut, bahwa Bupati diminta mengoptimalkan peran staf ahli kepala daerah, dirinya tentu akan lebih mengoptimalkan peran-peran staf ahli Bupati tersebut. Bahkan kemungkinan jumlahnya akan bertambah dari yang ada saat ini.

Sebagaimana diketahui, bahwa Mendagri Tjahyo Kumolo menginstruksikan kepada seluruh Kepala Daerah sesuai dengan PP 18/2016 bahwa dalam dua bulan kedepan melakukan perubahan organisasi dan tata kerja perangkat daerah, dengan melakukan pengurangan jumlah Asisten di lingkup pemerintah daerah terutama jika tergolong tipe A. Kemudian juga akan ada maksimal 16 bagian dengan setiap bagian membawahi 3 sub bagian. Selain itu, kepala daerah juga diwajibkan mengoptimalkan peran staf ahli kepala daerah yang selama ini kurang diberdayakan dan tetap mengacu pada esselon lereng staf ahli, yakni dua b (2-b) atau setingkat kepala SKPD. Dengan diberlakukannya PP 18/2016 ini maka otomatis dalam dua bulan kedepan PP Nomor 41 Tahun 2007 tentang organisasi perangkat daerah tidak berlaku lagi.

Demikian dari Sangatta, saya Ibnu Djuraid Mengucapkan Selamat Menikmati Libur Panjang Anda Bersama Keluarga dan Selamat Merayakan Hari Raya Idul Fitri 1437 H. Mohon Maaf Lahir dan Bathin. Kembali ke rekan di studio

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

9 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments