Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Lapak Daging Dan Ayam Di Pasar Sepi, Banyak Pedagang Memilih Libur

Lapak Daging Dan Ayam Di Pasar Sepi, Banyak Pedagang Memilih Libur

(445 Views) September 13, 2016 8:58 am | Published by | No comment

Sangatta – Sehari pasca hari Raya Idul Adha 1437 Hijriyah, mayoritas pedagang daging dan ayam lebih memilih untuk berlibur. Bahkan, pedagang yang nekat berjualan omsetnya menurun hingga 75 persen.

Kondisi lapak daging di Pasar Induk Sangatta atau PIS pada H + 1 Hari Raya Idul Adha terlihat sepi, sekitar pukul 09.30 sudah tidak nampak lagi pedagang yang menjajakan jualannya. Padahal, biasanya hingga pukul 11 masih ada daging yang bergelantungan di lapak daging.

Menurut keterangan Muh. Mansur salah satu pedagang yang tengah bersiap pulang, pasca hari raya kurban, banyak pedagang memilih untuk libur dan hanya ada dua, dari tujuh lapak daging yang buka. Itu pun hanya melayani pelanggan tetap, seperti pedagang pentol maupun rumah makan. Pada hari normal, pedagang mampu menjual daging hingga tujuh ekor, namun kali ini hanya satu ekor dibagi dua pedagang, itu pun tidak habis. Belajar dari tahun sebelumnya, diperkirakan pada dua hari mendatang kondisi penjualan baru normal. Mengenai harga daging sapi tetap stabil di kisaran 125 ribu rupiah.

Voice : Mansur (Pedagang Sapi Pasar Induk Sangatta)

Selain pedagang daging, kondisi lapak ayam tak jauh berbeda, hampir setengah pedagang ayam lebih memilih untuk tidak berjualan, mengingat masih minimnya permintaan pasar akan ayam. Menurut keterangan Ponirah yang tetap memilih berjualan, terjadi penurunan permintaan hingga 75 perseh dari hari normal. Biasanya dirinya sehari mampu menjual hingga 80 kilogram, namun kini 20 kg saja tidak habis.

Voice: Ponirah (Pedagang Ayam Pasar Induk Sangatta)

 

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments