Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Lima Pelaku Pembunuhan Orang Utan TNK Diringkus Polisi

Lima Pelaku Pembunuhan Orang Utan TNK Diringkus Polisi

(955 Views) Februari 17, 2018 9:10 pm | Published by | No comment

Konferensi pers penembakan orang utan (foto:Khusnulkhotimah)

Sangatta – Sebanyak lima orang pelaku pembunuhan orang utan yang terjadi di kawasan Taman Nasional Kutai pada Minggu, 4 Februari lalu akhirnya berhasil diamankan polisi. Tersangka dapat diamankan setelah melalui penyelidikan selama delapan hari dari hari kejadian. Awalnya pihak Polres Kutim mengakui kesulitan untuk mengungkap kasus tersebut dikarenakan tidak ada warga yang melihat langsung kejadian tersebut namun dengan bantuan warga sekitar akhirnya kasus dapat terpecahkan.

Pada pemeriksaan awal Polres Kutim memeriksa sebanyak lima belas saksi warga sekitar, namun masih belum menemui titik terang, kemudian pemeriksaan dilanjutkan dengan menambah saksi kembali menjadi sembilan orang sampai dengan didapat keterangan yang menunjukkan satu keluarga yang berdomisili dan berkebun di lokasi sekitar penemuan orang utan yang melakukan pembunuhan orang utan tersebut.

Kapolres Kutim dalam konfrensi pers pada Sabtu, 17 Februari, AKBP. Teddy Ristiawan menyampaikan, lokasi penembakan orang utan dilakukan pelaku di dua tempat, penembakan pertama dilakukan di Kebun tersangka yang kemudian dilanjutkan dengan penembakan di sisi danau dikarenakan orang utan tersebut melarikan diri setelah mendapatkan penembakan pertama.

 

Lima orang yang diamankan terdiri dari Muis (36), Nasir(55), Hendri(13), Andi(37) dan Rustam(37) merupakan satu keluarga yang terdiri dari kakek hingga cucu.

Atas perbuatannya pelaku dapat dijerat dengan Pasal 21 Ayat I Jo Pasal 40 Ayat 2 Undang-Undang Republik Indonesia No. 5 Tahun 1990 tetang Konservasi sumberdaya alamat hayati dan ekosistemnya Jo pasal 55 dan 64 KUH Pidana yang didalamnya menjelaskan setiap orang dilarang menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments