Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Listrik dan Jaringan Internet Jadi Kendala Perekaman E-KTP

Listrik dan Jaringan Internet Jadi Kendala Perekaman E-KTP

(1816 Views) Februari 26, 2015 4:02 pm | Published by | No comment

Sangatta. Hingga akhir Desember 2014 lalu yang menjadi batas waktu perekaman Elektronik KTP (E-KTP) yang ditetapkan pemerintah Pusat, ternyata sebanyak 135.328 orang penduduk Kutai Timur masih belum melakukan perekaman E-KTP. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Timur Januar Harlian Putra Lembang Alam didampingi Kabid SIAK Heldy Frianda dan Kabid Pengelolaan Penyajian Layanan Informasi dan Publikasi Ellyani.
Kepada awak media dijelaskan, dari 289.804 jiwa penduduk Kutim yang kini terdata sebagai wajib E-KTP, ada sebanyak 154.476 jiwa sudah melakukan perekaman E-KTP serta telah tercetak, dan sisanya sebanyak 135.328 orang yang belum melakukan perekaman E-KTP.
Dijelaskan Heldy, yang menjadi kendala dalam proses perekaman tersebut adalah belum tersedianya pasokan listrik 24 jam, terutama di 4 kecamatan di Kutim yakni Kecamatan Long Mesangat, Karangan, Busang dan Sandaran. Selain itu, permasalahan reconecting jaringan komputerisasi yang online antara Disdukcapil di daerah dengan server di Kemendagri, juga menjadi salah satu persoalan yang menyebabkan proses perekaman dan pencetakan E-KTP tidak bisa dilakukan dalam satu hari saja. Sementara server di Kemendagri menggunakan salah satu perusahaan provaider yang ternyata jaringannya kurang mendukung di Kutim, namun daerah tidak bisa menggantinya karena provaider tersebut telah dikontrak oleh Kemendagri sebagai penyedia jaringan E-KTP.
(voice)
Lebih jauh Heldy yang menegaskan mulai tahun ini Disdukcapil sudah tidak lagi menerbitkan KTP nasional yang bertandatangan dan kesemuanya diganti E-KTP yang berlaku seumur hidup. Selain itu dirinya berharap proses perekaman E-KTP ini dapat dirampungkan pada akhir tahun ini. Namun karena proses pencetakan dan kartu elektroniknya sudah ada di Sangatta maka pihaknya tetap berusaha agar pada bulan Juli tahun ini proses ini telah diselesaikan. (Ibnu Juraid)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments