Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » LPG 3 Kg Langka, Bupati Kutim Panggil Agen dan Distributor

LPG 3 Kg Langka, Bupati Kutim Panggil Agen dan Distributor

(1702 Views) Juni 15, 2017 3:16 pm | Published by | 206 Comments

Sangatta – Menanggapi banyaknya laporan masyarakat mengenai kelangkaan Gas LPG 3 Kg, Bupati Kutai Timur, Ismunandar memanggil para agen dan distributor Gas LPG Kutai Timur. Bertempat di ruang Kerja Bupati Kutai Timur, Kamis, 14 Mei, rapat tersebut dihadiri juga perwakilan Pertamina, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Satpol PP, Polres Kutai Timur, dan instansi lainnya.

Menurut Ismunandar, rapat tersebut dimaksudkan untuk mencari sumber masalah kelangkaan gas LPG 3kg, apakah ada indikasi penimbunan atau memang permintaan masyarakat yang meningkat pada bulan Ramadhan ataupun masalah lainnya.  Menurut Ismu, setiap bulan Ramadhan permintaan LPG memang meningkat namun saat ini sudah dilakukan penambahan stok LPG.

Lebih lanjut Ismu mengatakan, akan ada pengecekan langsung ke lapangan, mengenai permasalahan kelangkaan LPG, apakah sudah benar siapa saja yang membeli dan menggunakan gas LPG bersubsidi tersebut, karena seharusnya subsidi LPG 3 kg hanya diperuntukan untuk masyarakat miskin serta usaha kecil dan menengah.

Dalam Peraturan Menteri Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia No. 26 Tahun 2009 LPG 3 Kg dikategorikan sebagai LPG tertentu, sebagaimana disebut dalam Pasal 1 angka 9 LPG Tertentu adalah LPG yang merupakan bahan bakar yang mempunyai kekhususan karena kondisi tertentu seperti pengguna/penggunaannya, kemasannya, volume dan/atau harganya yang masih harus diberikan subsidi.

LPG 3 kg hanya dikhususkan bagi konsumen rumah tangga dan usaha mikro. Ketentuan ini diatur dalam Pasal 3 ayat (1) Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2007 Tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Penetapan Harga Liquefied Petroleum Gas Tabung 3 Kilogram.

Voice : Khusnul Khotimah

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

206 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments