Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Mari Kembalikan Semangat Pendidikan Ajakan Plt Bupati Pada Peringatan Hardiknas Pemkab Kutim Serahkan Sejumlah Penghargaan

Mari Kembalikan Semangat Pendidikan Ajakan Plt Bupati Pada Peringatan Hardiknas Pemkab Kutim Serahkan Sejumlah Penghargaan

(6601 Views) Mei 6, 2015 10:13 am | Published by | No comment

 SANGATTA- Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) ditandai dengan pelaksanaan apel gabungan di Halaman Kantor Bupati, Selasa (6/5) kemarin. Apel yang diikuti oleh ribuan siswa, guru, mahasiswa, pegawai lingkup Pemkab Kutim, organisasi kemasyarakatan serta personel TNI Polri tersebut dipimpin langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman selaku inspektur upacara. Sebelum dimulai, peserta apel terlebih dahulu disuguhi tarian massal dari 250 murid taman kanak-kanak. Diawal sambutannya, Ardiansyah mengatakan Hardiknas yang mengambil tema ”Pendidikan Sebagai Gerakan Pencerdasan dan Penumbuhan Generasi Berkarakter Pancasila”, memiliki makna yang dalam. “Kata kunci dari tema tersebut adalah ‘Gerakan’. (Artinya) Pendidikan harus dipandang sebagai ikhtiar kolektif seluruh bangsa. Karena itu pendidikan tidak bisa dipandang sebagai sebuah program semata. Kita harus mengajak semua elemen masyarakat untuk terlibat. Kita mendorong pendidikan menjadi gerakan semesta, yaitu gerakan yang melibatkan seluruh elemen bangsa. Yaitu masyarakat merasa memiliki, pemerintah memfasilitasi, dunia bisnis peduli, dan ormas/LSM mengorganisasi,” jelas Ardisnsyah dihadapan seluruh peserta dan undangan apel gabungan yang hadir. Dia menyebut, “gerakan” berbeda dengan “program”, yang hanya terbatas pada para pelaksana program. Sebuah “gerakan” justru menumbuhkan rasa memiliki pada semua kalangan. Semua pihak diajak untuk merasa peduli, merasa memiliki problematika pendidikan, agar semua bersedia menjadi bagian dari ikhtiar untuk menyelesaikan. Dijelaskan gerakan pencerdasan dan penumbuhan generasi berkarakter Pancasila adalah sebuah ikhtiar mengembalikan kesadaran tentang pentingnya karakter Pancasila dalam pendidikan. Sudah digariskan bahwa pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Sesuai dengan karakter Pancasila yang menjadi tujuan Pendidikan Nasional. Menumbuhkembangkan potensi anak didik seperti itu memerlukan karakteristik pendidik dan suasana pendidikan yang tepat.hardiknas (3)

“Di hari Pendidikan Nasional ini, mari kita kembalikan semangat dan konsep Ki Hadjar Dewantara bahwa sekolah harus menjadi tempat belajar yang menyenangkan. Sebuah wahana belajar yang membuat para pendidik merasakan mendidik sebagai sebuah kebahagiaan. Sebuah wahana belajar yang membuat para peserta didik merasakan belajar sebagai sebuah kebahagiaan. Pendidikan sebagai sebuah kegembiraan. Pendidikan yang menumbuh-kembangkan potensi peserta didik agar menjadi insan berkarakter Pancasila,” ajak Ardiansyah lagi. Lebih jauh dijelaskan bahwa wajah masa depan bangsa adalah generasi muda yang berada di ruang-ruang kelas. Akan tetapi, tanggung-jawab membentuk masa depan itu hanya berada di pundak pendidik dan tenaga kependidikan di institusi pendidikan. Secara konstitusional, mendidik adalah tanggung jawab negara namun secara moral mendidik adalah tanggung jawab setiap orang terdidik. Mengembangkan kualitas manusia Indonesia harus dikerjakan sebagai sebuah gerakan bersama. Semua harus ikut peduli, bahu membahu, saling sokong dan topang untuk memajukan kualitas manusia Indonesia lewat pendidikan.

hardiknas (6)Diakhir pelaksanaan apel, Ardiansyah didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menyerahkan sejuml  ah piagam penghargaan dan dana pembinaan kepada murid berprestasi. Diantaranya penghargaan kepada juara Singapore Open Memory Championship 2015 Qonita Fitriannisa Riyadie. Siswi Kutim satu ini pernah meraih predika juara umum dan meraih 8 medali emas serta 2 medali perak pada pertandingan olehraga otak baik nasional maupun internasional. Selanjutnya penghargaan untuk Resky Anesha yang berhasil meraih 5 medali perunggu di ajang perta gymnastik inter city rhythmic – gymnastic championship di Malaysia. Terakhir Plt Bupati menerima 10 tropi dan piala bergilir juara umum Borneo Open Marching Band Competition di Samarinda, yang berhasil dikoleksi Marching Band Pelangi Cemerlang Disdikbud Kutim. (hms)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments