Menu Click to open Menus
Home » Infrastruktur » Kutim Susun Rencana Kontijensi Kegawatdaruratan Kesehatan Masyarakat

Kutim Susun Rencana Kontijensi Kegawatdaruratan Kesehatan Masyarakat

(653 Views) April 19, 2018 11:11 pm | Published by | No comment

Workshop Penyusunan Rencana Kontijensi Kegawatdaruratan Kesehatan Masyarakat (Foto:khusnulkhotimah)

Sangatta – Masuk dalam salah satu wilayah yang menjadi pintu masuk Negara, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur melalui Dinas Kesehatan menggelar Workshop Penyusunan Rencana Kontijensi Kegawatdaruratan Kesehatan Masyarakat. Kegawatdaruratan Kesehatan Masyarakat salah satu bentuk dari kesiapan Pemerintah dan menghadapi dan menanggulangi kedaruratan kesehatan.

Berlangsung di hotel Royal Victoria, Sangatta Utara, Kamis, 19 April, pelaksanaan workshop tersebut dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Rupiansyah, yang diikuti oleh lima puluh instansi diantaranya, petugas kesehatan rumah sakit dan puskesmas, Basarnas, Kementerian Agama serta perwakilan tokoh masyarakat,.

Dalam sambutannya Kepala Dinkes Kutai Timur, Bahrani Hasalan menyampaikan, Kutai Timur khususnya Sangatta merupakan pintu masuk dan jalur transportasi, baik lingkup nasional maupun international dengan adanya warga Negara asing yang sekedar berkunjung maupun bekerja di sini, terlebih nantinya dengan beroperasinya pelabuhan kenyamukan. Dampak hal tersebut, selain mendapat kemajuan ekonomi, namun harus diperhatikan juga kemungkinan penyakit yang mungkin terbawa dan masuk ke Kutai Timur, seperti flu burung, difteri dan wabah lainnya.

Bahrani menambahkan, sama seperti penanggulangan bencana, di Kutai Timur sudah dibentuk tim penanggulangan bencana, maka dari itu, harus ada juga tim penanggulangan kedaruratan kesehatan, untuk menanggulangi kemungkinan yang terjadi. Selain itu, Tim penanggulangan nantinya juga diharapkan dapat menggerakkan masyarakat, untuk ikut berpartisipasi, jika nantinya terjadi kedaruratan kesehatan.

Voice : Bahrani

Dijelaskan pada workshop tersebut beberapa hal yang dapat menyebabkan kedaruratan kesehatan masyarakat diantaranya, evolusi, resistensi terhadap antobiotik, globalisasi, industrilisasi, perubahan iklim, peningkatan drastis jalur hewan patogen, dan jalur vektor patogen serta makananan, nubika dan lain-lainnya.

 

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments