Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Membatik Jadi Jembatan Peranan Wanita Dalam Pembangunan

Membatik Jadi Jembatan Peranan Wanita Dalam Pembangunan

(163 Views) Agustus 7, 2019 5:50 am | Published by | No comment

Sangatta – Untuk meningkatkan perekonomian daerah di Kutai Timur perlu peningkatan SDM dan ketersediaan produk lokal. salah satunya, Batik Asli Kutai Timur yang digagas melalui peranan wanita. tentu hal tersebut sangat membutuhkan peran perempuan di segala bidang untuk mendukung pembangunan. inilah yang mendasari Juwita, wanita pembatik asli Kutim terus berupaya meningkatkan perekonomian daerah melalui karyanya.

Juwita memberdayakan peran ibu – ibu maupun anak sekolah di sekitar rumahnya, hingga menghantarkannya membawa batik Kutim hingga ke mancanegara.

Bahkan, untuk menularkan ilmu membatik yang ia pelajari sejak 2010 lalu itu, wanita bertalenta ini sering memberikan pelatihan. Sasarannya tidak hanya pada kalangan dewasa saja, namun dia juga menyasar ke sekolah – sekolah.

Batik biasanya lebih dikenal menjadi cirikhas Jawa, membuat dirinya termotivasi untuk memulai mengenalkan batik Kutim kepada masyarakat luas. Dimulai dengan memberi pelatihan dasar, pengenalan membuat pola, cara mencanting, hingga pewarnaan yang benar.

Hal ini, menurutnya tidak hanya mampu mempertahankan budaya yang ada, melainkan dapat mendorong pembangunan daerah dengan sebuah karya.

Pemerintah melalui Sekretaris Daerah Kutai Timur, Irawansyah berjanji akan membantu melalui anggaran untuk meningkatkan kualitas batik tersebut, mengingat saat ini hasil batik peran wanita tersebut sudah banyak diminati. Ia berharap, nantinya apabila dorongan dana tersebut ada, harapannya kualitasnya semakin ditingkatkan

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kutim, Aisyah. menurutnya, menjadi wanita itu harus mandiri dan punya ketrampilan, agar dapat membantu membangun perkembangan daerah dan menopang kebutuhan rumah tangga.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments