Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Mesjid Agung Bukit Pelangi Resmi Bernama Al-Faroq

Mesjid Agung Bukit Pelangi Resmi Bernama Al-Faroq

(623 Views) Oktober 19, 2017 4:12 pm | Published by | No comment

Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek Ishak saat meresmikan Mesjid Agung Al-Faroq

Sangatta– Setelah resmi digunakan sejak tahun 2011 lalu, Mesjid Agung Bukit Pelangi akhirnya diresmikan dengan nama Al-Farouq oleh Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek Ishak.

Mesjid yang dibangun sejak tahun 2006 lalu diatas lahan seluas sepuluh ribu meter persegi, merupakan salah satu ide dari Awang Faroek saat merencanakan pembangunan awal di Kutai Timur. Untuk menghargai jasa beliau, Pemkab Kutai Timur akhirnya memutuskan nama Al-Faroq untuk menjadi nama masjid tersebut.

Dalam sambutannya Awang Farok mengingatkan kembali awal pembangunan masjid Agung Al-Faroq, pada awalnya, Pemerintah Kutai Timur dimasa kepemimpinannya, melakukan perencanaan pusat perkantoran Pemerintah Kutai Timur bersama LAPI Institut Teknologi Bandung (ITB), selain pusat perkantoran, Awang juga merencanakan dibangunnya masjid Agung yang megah menyerupai masjid Islamic Center Samarinda namun dengan bangunan yang lebih kecil. Dalam pembangunan Mesjid, Awang juga ikut dalam penentuan lokasi, menentukan pekerja yang membangun dan sampai peletak batu pertama seluruhnya dikawal olehnya.

Nama Al-Faroq mengandung arti Pembeda antara yang hak dan batil. Al-Faroq merupakan nama panggilan yang diberikan Rosulullah SAW kepada Umar Bin Khattab atas ketegasan Ummar Bin Khattab dalam banyak hal. Al-Faroq juga diartikan sebagai penjaga Rasulullah SAW dan pencerai berai barisan orang-orang kafir.

Mesjid dengan kapasitas tampung lima ribu Jemaah dan memiliki menara Asmaul Husna dengan ketinggian Sembilan puluh Sembilan meter yang dilengkapi dengan lift untuk mencapai puncak tersebut menjadi salah satu ikon kota Sangatta dan Kutai Timur.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments