Menu Click to open Menus
Home » Kesehatan » Minim Sertifikasi, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kutim Minta Diadakan Pelatihan Kompetensi Bidan

Minim Sertifikasi, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kutim Minta Diadakan Pelatihan Kompetensi Bidan

(49 Views) September 23, 2020 10:52 pm | Published by | No comment

SANGATTA – Ketua Pengurus Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kutai Timur (Kutim), Triana Nur mengungkapkan beberapa tantangan dan kendala pelayanan kebidanan di Kutai Timur. Kendala utama yang dihadapi adalah uminimnya sertifikasi pada Bidan di Kutai Timur yang akan menunjang kompetensinya didalam melakukan pelayanan.

Pasalnya, dari 834 jumlah Bidan yang ada, hanya 53 yang terlatih atau mendapat sertifikasi dibidang metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP). Hal tersebut akan berdampak pada legalitas pelayanan yang akan diberikan oleh Bidan tersebut, terutama pelatihan mengenai CTU IUD dan Implan yang sangat berguna untuk mendukung Hari Kontrasepsi Sedunia yang akan dilaksanakan pada tgl 26 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Triana pada saat menggelar talkshow bersama Radio Pemerintah Daerah (rpd) Kutim FM, (22/09/20) lalu.

Dikatakan Triana, semua Kecamatan dan Desa di Kutim masing- masing sudah memiliki Fasilitas Kesehatan (Faskes), hanya saja tidak ditunjang oleh  skill atau kompetensi dari semua bidan sehingga menghambat pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu kata Triana, beberapa waktu yang lalu pihaknya bersama DPPKB Kutim sudah menemui Bupati secara langsung, meminta agar diberikan wadah pelatihan terkaitpeningkatan kompetensi yang dilakukan oleh pemerintah maupun BKKBN, guna menunjang legalitas para Bidan di Kutim.

Diakhir perbincangannya dengan Rpd Kutim, Triana mengapresiasi semua bidan yang ada di Kutim, khususnya 23 ranting di semua Kecamatan atas usaha dan kerja keras yang telah dilakukan meski ditengah banyak kendala dan keterbatasan yang dihadapi.

 

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of