Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » MITRA PRODUKSI MANDIRI TALI ASIH DAN KESEJAHTERAAN PNS DAN TK2D

MITRA PRODUKSI MANDIRI TALI ASIH DAN KESEJAHTERAAN PNS DAN TK2D

(509 Views) Mei 9, 2016 7:57 am | Published by | 2 Comments

Sangatta – Demi memberikan perlindungan kesejahteraan bagi pegawai negeri sipil dan tenaga kerja kontrak daerah setelah menghadapi berakhirnya masa kontrak kerja atau pensiun Pemerintah Kabupaten Kutai Timur melakukan kerja sama dengan Asuransi Jiwa Bumi Putra. Sejak berlakunya Peraturan Mentri Dalam Negeri Nomor 37 tahun 2012 bahwa pengawai negeri sipil tidak mendapat tali asih dan kesejahteraan setelah melaksanakan tugas sebagai aparatur Negara. Sebagai jalan keluar dari peraturan tersebut pemerintah menggagas melalui Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) untuk memberikan perlindungan kesejahteraan bagi PNS dan TK2D melalui Program Mitra Produksi Mandiri produk dari Asuransi Jiwa Bumi Putra.

Mitra Produksi Mandiri tersebut adalah asuransi yang akan diikuti PNS dan TK2D minimal masa kerja sepuluh tahun. Setiap peserta asuransi hanya dibebankan penyetoran premi selama spuluh tahun, setelah masa penyetoran premi sepuluh tahun selesai asuransi bumi putra akan mengelola dana tersebut dengan kontrak sesuai dengan masa kerja setiap PNS dan TK2D, setelah masa kontak kerja akan berakhir peserta asuransi dapat mengajukan pencairan asransi Mitra produksi Mandiri tersebut dua bulan sebelum pensiun kepada KOPRI selain pensiun peserta asuransi juga mendapat pertanggungan kematian.

Premi yang ditentukan dalam produk Mitra Produksi Mandiri untuk TK2D sebesar seratus ribu rupiah, untuk PNS golongan I sebesar saratus ribu rupiah, untuk PNS golongan II sebesar dua ratus ribu rupiah, untuk PNS golongan III sebesar tiga ribu rupiah, dan untuk PNS golongan IV sebesar empat ratus ribu rupiah namun jumlah tersebut tidak bersifat baku, peserta asuransi dapat menyetorkan premi diatas jumlah yang ditentukan maupun kurang dari jumlah yang ditentukan.

Menurut Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang dalam penandatangan kesepakatan kerjasama asuransi tadi pagi (9/5) mengatakan, Dirinya menyambut baik kerjasama ini, dengan kerjasama tersebut pegawai akan mendapat asuransi pada purna tugas, dan menjadi keharusan semua pegawai untuk ikut,dengan pembayaran yang akan dipotong dari gaji yang kemudian disetorkan melalui korpri.

Bagi PNS yang masa kerjanya akan berakhir kurang dari empat tahun atau tinggal tiga tahun produk yang digunakan asuransi jiwa bumi putra adalah produk mitra utama. Produk mitra utama tersebut produk khusus bagi PNS yang mendekati masa pensiun dengan masa kontrak asuransi selama tiga tahun. Dalam produk mitra utama tersebut peserta asuransi harus menyetorkan dana diawal pembayaran sebesar dua juta rupiah dan perbulannya minimal lima ratus ribu rupiah.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments