Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Mulai Sekarang Budayakan Menabung Sampah, Karna Sampah Bisa Jadi Emas

Mulai Sekarang Budayakan Menabung Sampah, Karna Sampah Bisa Jadi Emas

(1080 Views) Agustus 3, 2017 1:31 pm | Published by | 1 Comment

Sangatta – Bupati Kutai Timur, Ismunandar launching Kuti Green, Program Bank Sampah, Sampah Tukar Emas, diruang Meranti Kantor Bupati Bukit Pelangi Sangatta, Kamis (3/8/17). Kegiatan tersebut diselenggarakan Pemkab Kutim melalui Bank sampah Unit Sangatta dan Penggadaian. Dengan Tema “ Peran Pemerintah dan Swasta Dalam Pengelolaan Bank Sampah”.

Ketua Tim Pembina Bank Sampah Kutim, Heni Afriani, mengatakan Program Bank Sampah, Sampah Tukar Emas tersebut, merupakan rangkaian dari peringatan Hari Lingkungan Hidup, dalam memotivasi masyarakat agar lebih tertarik dan terlibat langsung dalam mengelola sampah. Yang mana hasil pengelolaan  sampah dari menabung sampah akan menjadikan pundi-pundi rupiah, yang akan menghasilkan emas. Sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian keluarga.

Dia mengungkapkan, Program Bank sampah tukar emas ini, sama dengan program bank sampah yang sudah jalan. Bedanya jika selama ini sampah ditukar dengan uang, sedangkan sampah tukar emas ini uang hasil penjualan sampah akan langsung dikonversikan kedalam bentuk tabungan emas.Sehingga mesyarakat ikut terlibat dalam investasi emas.

Insert : Heni (Ketua Tim Pembina Bank Sampah)

Seperti diketahui, bahwa dalam upaya pengelolaan sampah, keterlibatan Pemerintah, swasta serta masyarakat menjadi aspek yang penting.  Pemarintah perlu mendorong program yang pro dalam pengelolaan sampah, semenatara pihak Swasta perlu menyadari perlunya SDA yang berkelanjutan dan masyarakata diharapkan melakukan aksi-aksi ramah lingkungan sepeti memilah sampah dan menabung sampah di bank sampah.

Lebih jauh, Heni mengungkapkan, data Bank Sampah yang ada di Sangatta Utara dan Sangatta Selatan saat ini, diantaranya Bank Sampah Unit Kantor, Bak Sampah Unit Sekolah, Bank Sampah Unit Rumah Sakit, Bank Sampah Unit Tempat Wisata, Bank Sampah Unit RT dan Bank Sampah Swasta atau Perusahaan yang sudah mencapai 46 Bank Sampah.

Kegaiatan launcing tersebut dirangkai dengan penanda tanganan MOU, Pihak Bank Sampah pembina dengan Penggadaian, Penyerahan emas dan buku tabungan kepada nasabah Bank Sampah, penyerahan piagam penghargaan, secara simbolis kepada nasabah  Bank Sampah yang aktif

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments