Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Nama Kutim Semakin Harum Giliran SD YPPSB 2 Juara Harapan 3 Nasional

Nama Kutim Semakin Harum Giliran SD YPPSB 2 Juara Harapan 3 Nasional

(655 Views) November 25, 2015 11:55 am | Published by | No comment

SANGATTA – Satu lagi prestasi ditorehkan salah satu sekolah di Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Sekolah dimaksud adalah SD YPPSB 2 yang telah berhasil meraih juara harapan tiga dalam lomba “Budaya Mutu Sekolah” tingkat nasional tahun 2015. Sekolah binaan salah satu perusahaan tambang swasta di Kutim ini berhasil menjadi juara harapan tiga pada kategori ekstra kurikuler yang dilaksanakan di Padang 2-6 November 2015 lalu.

“Prestasi ini sangat membanggakan karena kita (Kutim) mampu bersaing dengan 48 sekolah swasta terbaik dari seluruh Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa proses pendidikan di Kabupaten Kutai Timur sudah mampu berbicara di tingkat nasional,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Iman Hidayat mewakili Bupati Kutim saat menerima perwakilan SD YPPSB 2.

Untuk diketahui, lomba “Budaya Mutu” bertujuan untuk mewujudkan SD yang memiliki budaya mutu dalam memberikan layanan prima dan menjadi benchmark (tolok ukur) bagi sekolah lain di sekitarnya. Berikutnya menjadi acuan bagi pembinaan para pemangku kepentingan. Sasaran lomba dimaksud yaitu SD Negeri Pembina, SDN dan SD swasta. Untuk bisa mengantongi tiket ke tingkat nasional, sekolah harus mengikuti beberapa tahap penilaian. Penilaian tahap pertama adalah penilaian portofolio sekolah, tahap kedua visitasi oleh penilai dari Kemendikbud. Hasil kedua tahapan inilah yang menentukan sebuah sekolah bisa mengikuti penilaian tahap ke ketiga di tingkat nasional. Presentasi Kepala Sekolah dihadapan dewan juri untuk ketiga penilaian turut menentukan sebuah sekolah bisa meraih penghargaan dalam kategori yang telah ditentukan.

“Jika melihat persaingan sekolah-sekolah yang maju ke tingkat nasional, maka perjuangan SD YPPSB 2 cukup berat untuk memperoleh juara. Ternyata SD YPPSB 2 mampu menjawab tantangan tersebut,” kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikbud, Dawut yang merupakan pendamping saat di Padang.

Kemudian komitmen dan kerja sama semua warga sekolah untuk ikut berperan serta dalam meningkatkan serta menciptakan budaya mutu, merupakan kunci sekolah bisa menghasilkan siswa yang berkualitas dan unggul. Baik itu di bidang akademik maupun non akademik. Seluruh siswa, Dewan Guru, Komite Sekolah, Yayasan, Disdikbud dan semua para pihak terkait yang selalu berkoordinasi dalam segala proses kegiatan pendidikan. Membuat SD YPPSB 2 bisa berbicara di tingkat nasional.

“Terima kasih untuk semua pihak yang telah bekerja keras bersama dalam membangun budaya mutu di sekolah kami,” ujar Kepala SD YPPSB 2, Endah Wulandari.

Harapan ke depannya, kata Endah, SD YPPSB 2 dapat berbagi pengalaman dan informasi ke seluruh sekolah lain. Agar budaya mutu ini tercipta di sekolah lainnya dengan karakter sekolah masing-masing. Jika budaya mutu telah diterapkan maka tentunya kualitas sekolah akan semakin baik. Keikutsertaan SD YPPSB-2 dalam kegiatan lomba “Budaya Mutu” tingkat nasional ini sekaligus merupakan evaluasi bagi semua pihak untuk mengetahui dimana letak kekuatan dan kelemahan. Selanjutnya menjadi bahan untuk dilakukan perbaikan. Disamping itu kegiatan lomba bagi YPPSB merupakan bagian dari proses panjang untuk memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas. Sehingga menghasilkan output yang kompetitif dan unggul. Prestasi yang diraih melengkapi capaian-capaian YPPSB sebelumnya. Antara lain Agustus lalu MB WPS tampil di Istana Merdeka di Jakarta dan Pawai Budaya Khatulistiwa di Pontianak.Akhir Oktober 2015 Murid SD YPPSB-1 menjadi finalis dan favourite 4 lomba bercerita tingkat nasional. Dalam waktu dekat ini pula, YPPSB akan mengirimkan satu guru TK berprestasi ke tingkat nasional dan satu murid berkompetisi (spelling Bee) juga ke tinggkat nasional.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments