Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Optimalisasikan Kegiatan Pendampingan Desa di Kutai Timur menuju Desa Yang Mandiri

Optimalisasikan Kegiatan Pendampingan Desa di Kutai Timur menuju Desa Yang Mandiri

(540 Views) Mei 4, 2016 10:33 am | Published by | No comment

Isu Desa saat ini menjadi isu yang sangat menarik untuk dibahas, bagaimana tidak selain penggelontoran dana yang nilainya cukup fantastis untuk mendukung kegiatan pembangunan Desa, banyak kementrian juga yang menerjunkan lansung personilnya untuk turut ambil bagian dalam proses percepatan Pembangunan Desa, di antaranya Kementrian Desa yang menerjunkan Pendamping Desa dan  Kemenpora melalui Program Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan Desa (PSP3). Tidak hanya itu, pihak swasta pun banyak yang turut andil dalam mengembangkan Program Pendamping Desa. Sementara itu Kementrian Desa melalui Pendamping Desa- nya telah melakukan banyak hal terkait akan Pembangunan Desa tersebut, diantaranya dengan cara menjalin kerja sama dengan pihak terkait. Dalam hal ini Pendamping Desa berperan aktif dalam menjalankan program-nya untuk melakukan Pendampingan Desa menuju Desa yang mandiri.

Salah satu bentuk upaya memperkuat kapasitas para pendamping desa, PT Kaltim Prima Coal (KPC) melalui Community Development Officer (CDO) sebagai fasilitator telah melihat potensi Pembangunan Desa  didaerah, dan PT Kaltim Prima Coal (KPC) siap men-support penuh Desa melalui Peningkatan Kapasitas Pendamping Desa,  agar bisa lebih memajukam Desa dengan potensi yang ada.

(Voice –  Samsuriadi, CDO PT. KPC)

 

Sementara dalam Talk Show yang diadakan oleh Organisasi Pemuda Inspirasi Masyarakat (PRIMA) melalui Siaran Radio Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Timur (RPD Kutim) pada Rabu,(4/5).         Pendamping Desa dibawah bentukan Kementrian Desa yang ada di Kutai Timur, Zulfikar,  mengatakan bahwa “setiap unsur yang terlibat dalam pendampingan Desa harus dapat bekerja sama dalam menjalankan tugas”

Program Pendampingan Desa cukup banyak, bukan hanya dari Kementrian Desa, Kemenpora, ada juga Penyuluh Pertanian Lapangan ( PPL)  dari Dinas Pertanian, Penyuluhan Keluarga Berencan (KB) dari Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan masih banyak lagi. Kegiatan Pendampingan Desa tersebut tentunya sama-sama memiliki tujuan untuk dapat menjadikan Desa lebih baik lagi dan tentunya hal itu kedapan-nya diharapkan akan bisa membawa nilai positif bagi perubahan Desa.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments