Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Orientasi Pendataan Keluarga 2015 BPP&KB

Orientasi Pendataan Keluarga 2015 BPP&KB

(1829 Views) Mei 4, 2015 10:29 am | Published by | 104 Comments

SANGATTA. Untuk mengetahui perkembangan kependudukan, kesejahteraan keluarga dan progress program keluarga berencana (KB) di Kabupaten Kutai Timur (Kutim), BPP-KB (Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana) menyelenggarakan orientasi pendataan keluarga tahun 2015 di Kabupaten Kutim, di Gedung PKK Komplek Pusat Perkantoran Bukit Pelangi, Sangatta.
Kegiatan yang diikuti oleh ratusan petugas pendata yang kebanyakan warga dari desa Kecamatan Sangatta Utara dan Selatan, Teluk Pandan dan kecamatan lainnya ini dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman.
orientasi pendataan keluarga (1)Plt Bupati Ardiansyah Sulaiman saat pembukaan mengatakan bahwa sesungguhnya program Pendataan Indonesia Keluarga Sejahtera 2015 ini sangat penting dan pasti banyak manfaatnya. Khususnya untuk mengetahui tingkat kesejahteraan dari berbagai data pembangunan keluarga.
?Para pendata bisa mendapatkan informasi bagaimana keadaan keluarga saat didata, seperti keutuhan kedua orang tua, masih ada (bersama) atau tidak, atau sudah berpisah dan lainnya,? sebut Ardiansyah.
Ardiansyah berpendapat, pentingnya data tentang internal masing-masing keluarga sangat penting diketahui sebagai dasar pemantauan perkembangan anak-anak dari keluarga dimaksud. Karena menurutnya hampir 80 persen kenakalan remaja baik yang terlibat narkoba dan hal negatif lain diakibatkan ketidak harmonisan keluarga. Sehingga berdampak pada anak yang sedang tumbuh berkembang. Dia mengatakan apabila data-data dimaksud dapat diketahui dari setiap keluarga, maka pemerintah melalui SKPD (satuan kerja perangakat daerah) terkait dapat mencarikan solusinya. Pendataan ini selanjutnya dapat diintegrasikan dengan berbagai gerakan moral. Dengan tujuan memberikan ketahanan keluarga sehingga hadir kebaikan ahlaq dan perlaku positif. Ruang kehidupan kota dapat tertata bagus serta perbaikan hal-hal yang mempergaruhi pembangunan di Kutim.
“Karena persoalan prilaku buruk remaja bukan hanya akan kita hadapi tahun ini atau tahun depan, melainkan 20-30 tahun akan datang,” urainya.
Kepala BPP-KB Aisah HD menambahkan kegiatan ini difokuskan untuk menghadirkan output sumber data, informasi yang berkualitas, tempat waktu dan terpercaya dan juga sebagai pelengkap data bagi instanti pemerintah lainnya. Kemudian dalam tiap tahun ada pemutahiran dalam kurun waktu 5 tahun berjalan. Hasil data nantinya dapat dilihat langsung melalui aplikasi usai melalui proses olah data di Pemprov Kaltim.
?Pendataan keluarga itu dilakukan oleh petugas secara langsung dengan mengisi blanko yang telah disediakan. Semoga permintaan Plt Bupati (terkait data yang terintegrasi) bisa juga dilaksanakan. Orientasi dilakukan agar petugas pendataan dapat memahami cara pengisian blanko tersebut, sehingga menghasilkan data akurat, dapat dipergunakan, dimanfaatkan sebaik-baiknya,? jelas mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) ini.
Petunjuk pengisian blanko dijelaskan oleh perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kaltim. Dalam pengisian blanko tersebut ada beberapa bidang yang tercakup, seperti bidang kependudukan, bidang keluarga berencana dan bidang pembangunan keluarga. Pada setiap bidang itu beberapa item pertanyaan yang harus di jawab langsung oleh masyarakat atau kepala keluarga. Setiap item pertanyaan diterangkan satu persatu, berikut dengan contoh sehingga petugas dapat memahami dengan jelas. Pendataan semacam ini telah dilaksanakan sejak tahun 1994 yang berdasarkan Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009, UU Nomor 23 Tahun 2014, PP Nomor 87 tahun 2014 dengan peta sasaran. (hms).

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

104 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments