Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Ortal Gelar Sosialisasi Penyusunan SOP Bagi SKPD di Lingkup Pemkab Kutim

Ortal Gelar Sosialisasi Penyusunan SOP Bagi SKPD di Lingkup Pemkab Kutim

(539 Views) Agustus 9, 2017 5:22 pm | Published by | 4 Comments

Sangatta – Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Timur, melalui Bagian Organisasi Tata Laksana (Ortal) menggelar Sosialisasi Penyusunan Standar Operasional (SOP), bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Lingkungan Pemkab Kutim, Rabu (9/8/17) di ruang Meranti Kantor Bupati, Bukit Pelangi Sangatta. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Asisten Pemerintah dan Kesra Kutim, Mugeni.

Perwakilan Lembaga Administrasi Negara RI, Fajar Iswahyudi menjelaskan Dasar Hukum Sosialisasi tersebut, yakni, Peraturan Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 35 tahun 2012 tentang pedoman penyusunan Standar Operasional dan Prosedur Administrasi Pemerintahan.

Latar belakang Sosialisasi tersebut, Reformasi Birokrasi seacra internal yaitu perubahan kebutuhan masyarakat dan perubahan paradigma masyarakat. Secara eksternal perubahan struktur, Tuntutan Peraturan dan Perubahan Sumber Daya.

Adapun manfaat adanya SOP, yaitu sebagai standarisasi cara yang dilakukan, mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian, meningkatkan efisiensi dan efektivitas, membantu aparatur lebih mandiri, meningkatkan akuntabilitas, menciptakan ukuran standar kinerja, memastikan pelaksanaan tugas dapat berlangsung diberbagai situasi, menjamin konsisten pelayanan dan memberi informasi mengenai kompetensi pelaksana.

Lebih jauh, fajar menjelaskan yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan SOP harus konsisten,  antara SOP dan apa yang dilakukan. Jika tidak konsisten, ada 2 kemungkinan yaitu karena SOP sudah tidak layak dan harus diperbaiki. Dan yang kedua pelakunya sendiri tidak menjalankan sesuai SOP.

Insert : Fajar

Untuk diketahui, Siklus penyusunan SOP terdiri dari empat tahapan yaitu, Persiapan, penilaian kebutuhan, pengembangan, integrasi dan monitoring dan evaluasi.

Voice Report : Reporter Wak Hedir

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

4 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments