Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pabrik Es Kenyamukan Beroperasi, Coba Penuhi Kebutuhan Nelayan

Pabrik Es Kenyamukan Beroperasi, Coba Penuhi Kebutuhan Nelayan

(461 Views) November 10, 2015 9:18 am | Published by | No comment

Sangatta. Nelayan Kenyamukan saat ini bisa tersenyum lega. Pasalnya, setelah sekian lama mati suri Pabrik Es Balok yang berada di kawasan Kenyamukan Desa Sangatta Utara Kecamatan Sangatta Utara akhirnya mulai beroperasi. Beroperasinya pabrik es balok ini sudah berjalan selama tiga minggu lalu.

Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Murdiansyah didampingi Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pangkalan Pendataan Ikan (PPI) Burhanuddin, hasil uji coba pertama pabrik es balok yang sudah beroperasi selama tiga minggu terakhir ini langsung dinikmati oleh masyarakat nelayan sekitar. Namun sayang, lantaran masih dalam tahap percobaan, pihaknya hanya bisa memproduksi sebanyak 30 batang dalam sehari. Padahal, ideal produksi maksimal es balok yang beratnya 50 kilo itu bisa mencapai hingga 200 batang dalam sehari.

Hampir setiap hari ada saja warga ataupun nelayan datang langsung ke pabrik untuk memesan es balok ini. Tentu saja hal ini menjadi kegembiraan tersendiri bagi pemerintah. Walaupun belum maksimal, namun permintaan nelayan sangat tinggi sehingga pihaknya belum dapat melayani seutuhnya. Selain belum beroperasinya salah satu mesin pembuat es, pihaknya juga masih melakukan pembenahan tempat pembongkaran es. Karena jika dipaksakan, dikhawatirkan akan semakin rusak dan bahkan mempengaruhi produksi yang lain.

(voice)

Diharapkan, bulan depan operasional dan produksi pabrik es ini dapat berjalan normal seperti biasanya. Sedangkan pengoperasian dan pengelolaan pabrik ini, akan diserahkan sepenuhnya kepada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), sementara pihaknya hanya melakukan pengawasan saja. Selain itu, dengan beroperasinya pabrik es ini kelak, kebutuhan warga dan nelayan akan es balok untuk mengawetkan ikan dapat terpenuhi tanpa harus membeli jauh keperkotaan.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments