Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » PAD Kutim Ditarget Rp 150 Miliar

PAD Kutim Ditarget Rp 150 Miliar

(545 Views) September 26, 2016 5:13 pm | Published by | No comment

27kasmidi_bulang_baru

Sangatta. Keterpurukan Kabupaten Kutai Timur akibat defisit keuangan yang melanda, menunjukkan bahwa hingga saat ini pendapatan daerah Kutim masih menaruh harapan besar pada dana bagi hasil (DBH) pusat dan royalti dari sektor Migas dan Batu bara. Padahal dengan potensi alam yang ada tidak bisa secara maksimal diberdayakan sebagai pendapatan asli daerah (PAD) Kutai Timur. Hal ini menyebabkan PAD Kutim selalu mentok diangka Rp 100 miliar per tahunnya. Karenanya, mulai tahun depan Pemerintah Kutim bertekat untuk menggenjot PAD Kutim, agar bisa naik melebihi target yang telah ada saat ini.

Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang mengatakan bahwa Pemerintah Kutim berkomitmen mulai tahun depan akan memaksimalkan potensi-potensi daerah yang ada agar mampu menjadi PAD Kutim. Melalui Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) yang merupakan kordinator PAD Kutim, target-target PAD ini akan dinaikkan. Lanjutnya,  jika dilihat target PAD Kutim dari tahun ke tahun masih berkisar diangka Rp 100 miliar.

Sementara potensi PAD Kutim, jika digali lagi secara semaksimal, maka dapat melebihi itu. Karenanya, di tahun 2017 mendatang, target PAD akan dinaikkan hingga 50 persen dari perolehan yang ada saat ini atau diangka Rp 150 miliar. Terlebih, bercermin dengan kondisi keuangan pemerintah yang defisit saat ini, maka solusi satu-satunya yakni kita harus menggali lagi potensi PAD yang kita miliki di berbagai sektor.

Selain itu, PAD nantinya akan langsung masuk dalam Kas Daerah (Kasda) Kutim, berbeda dengan DBH dan Royalti Migas dan Batubara, yang harus masuk ke kas negara terlebih dahulu sebelum kemudian dibagikan ke daerah sesuai porsi yang ditetapkan sendiri dari pusat. Lebih jauh Wabup Kasmidi mengatakan, bahwa pemerintah Kutim akan duduk bersama dengan DPRD Kutim untuk membahas terkait potensi-potensi yang dimiliki Kutim yang bisa dimaksimalkan menjadi sumber PAD. Tentunya dengan memperbanyak penggodokan Peraturan Daerah (Perda) yang dapat menggali potensi PAD yang Kutim miliki.

(Voice : Wabup – Target PAD Naik 50 Persen)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments