Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pameran Alat Keselamatan IFRC, Tidak Semua Peserta Familiar Penggunaannya

Pameran Alat Keselamatan IFRC, Tidak Semua Peserta Familiar Penggunaannya

(778 Views) November 5, 2017 8:38 am | Published by | No comment

Berbagai alat keselamatan ditampilkan dalam pameran yang digelar pada even Indonesian Fire and Rescue Challenge (IFRC) yang digelar di PT. KPC, Sangatta Kutai Timur.

Meski keseluruhan peserta sudah memiliki berbagai pengalaman dalam penggunaan alat keselamatan, namun tidak keseluruhan peserta familiar pada alat keselamatan yang dipamerkan pada even IFRC tahun ini. khususnya pada alat lifting bag yang digunakan untuk mengangkat beban yang sulit dan berat. Penggunaan alat keselamatan satu ini memang banyak tidak diketahui oleh peserta, bahkan banyak dari peserta yang baru mempelajari langkah perakitan alat dan penggunaannya. Lifting bag merupakan alat keselamatan yang terhitung mahal, untuk satu unitnya saja harganya bisa mencapai lima ratus juta sampai dengan satu milyar rupiah, oleh karena itu alat ini tidak dimiliki keseluruhan perusahaan, demikian yang disampaikan Manager Tim Rescue PT. KPC, Noldy Tambayong.

Salah Satu peserta dari PT. Total, Nasruddin mengatakan alat lifting bag ini belum pernah dia gunakan, bahkan menurutnya bukan dirinya saja, seluruh teman satu timnya juga baru mencoba hari ini. Namun untuk penggunaannya menurut Nasruddin, sedikit banyak sudah diketahuinya melalui tutorial yang ada pada youtube, sedangkan untuk mencoba langsung merakit dan menggunakannya, baru hari ini dilakukannya.

Demikian juga dengan Yani PT. Nusa Halmahera Minerals, mengatakan, meski tidak familiar dan belum pernah menggunakan alat lifting bag, namun yani menjelaskan bahwa dirinya sudah mengetahui kemampuan alat tersebut. Menurut Yani, Lifting Bag digunakan menyelamatkan korban dibawah beban berat. lifting bag dapat masuk dicelah kecil hingga 1 miimeter dan dapat dikembangkan hingga mampu mengangkat beban berkapasitas lima puluh ton.

Berbagai alat keselamatan lain juga ditampilkan dalam pameran tersebut, kesembilan belas tim dipersilahkan untuk mencoba merakit dan langsung menggunakannya.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments