Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Pemahaman Kepala Daerah Mengenai Pertambangan Perlu Ditingkatkan

Pemahaman Kepala Daerah Mengenai Pertambangan Perlu Ditingkatkan

(553 Views) April 23, 2018 10:48 pm | Published by | No comment
foto  Prof. Dr. H. Wirman Syafri, M.Si, Kepala Lembaga Penelitian dan Kajian IPDN (http://wirman-syafri.ipdn.ac.id)

Kurangnya pemahaman kepala daerah dan aparatur daerah dalam masalah pertambangan disinyalir menjadi salah satu faktor yang dapat menghambat kelancaran  urusan di sektor pertambangan migas, hal tersebut diungkapkan Prof. Dr. H. Wirman Syafri, M.Si, Kepala Lembaga Penelitian dan Kajian IPDN, dalam sesi tanya jawab  saat menanggapi pertanyaan dari peserta forum kehumasan SKK Migas.

Diakui bahwa Kemendagri memang menyelenggarakan diklat bagi kepala daerah terpilih, tetapi hanya sekitar 2 minggu, itupun hanya lebih ke hal yang bersifat keprotokoleran dan seremonial, misalnya etika makan dan etika berpakaian, kurang menyentuh hal yang bersifat substansial tentang pekerjaannya, sehingga diharapkan parpol pengusung dapat memberikan pembekalan yang cukup kepada calon kepala daerah supaya nantinya bisa melaksanakan tugasnya dengan baik.

voice Wirman Syafri

Masalah lain yang menjadi sorotan adalah maraknya kepala daerah yang tersandung kasus korupsi, dia menjelaskan bahwa terkadang korupsi dilakukan bukan untuk kepentingan sendiri, tapi bisa karena situasi yang mendesak, dia juga mengingatkan adanya kemungkinan intervensi terhadap pemerintahan, intervensi dimaksud bisa dari level di atasnya ataupun dari Parpol, apalagi bila Parpol berlomba untuk menempatkan orangnya pada jabatan tertentu di pemerintahan, tentu hal ini sangat berbahaya, karena bila suatu jabatan diduduki oleh orang yang tidak berkompeten, bisa dipastikan akan menghambat kinerja dari jabatan tersebut dan pihak lain di luar pemerintahan bisa turut terkena imbasnya.

voice Wirman Syafri

Wirman Syafri, menjadi pembicara dari IPDN dalam acara forum kehumasan SKK Migas yang digelar selama 2 hari tanggal 17 dan 18 April 2018 di Manado.

 

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments