Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pemerintah Provinsi Kaltim dan Pemkab Kutai Timur Siapkan Instalasi Pengolahan Air Gunung Sekrat

Pemerintah Provinsi Kaltim dan Pemkab Kutai Timur Siapkan Instalasi Pengolahan Air Gunung Sekrat

(632 Views) Agustus 10, 2015 8:41 am | Published by | No comment

Sangatta. Pemerintah Provinsi Kaltim dan Pemkab Kutai Timur terus berpacu agar proyek pembangunan dan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy dapat segera terselesaikan. Bahkan dipastikan progres proyek ini setiap harinya terus mengalami peningkatan. Setelah memastikan akan segera menyelesaikan jalur akses utama kawasan industri maloy yang akan menghabiskan anggaran ratusan miliar rupiah, Pemerintah juga memastikan akan segera melengkapi fasilitas kawasan industri ini satu persatu diantaranya bagaimana agar kawasan tersebut memiliki ketersediaan pasokan air bersih.

Menurut Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutai Timur, Suprihanto, Pemerintah Provinsi bekerjasama dengan Pemkab Kutim akan segera membuatkan jalur air bersih atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) untuk memenuhi kebutuhan air bersih kawasan Maloy, yaitu dengan menyiapkan IPA yang bersumber dari mata air gunung Sekrat, Kecamatan Kaliorang, dengan anggaran yang akan dibebankan pada Pemprov Kaltim.

Dijelaskan, kapasitas  produksi air gunung Sekrat ini cukup besar yakni 600 liter per detiknya.  Dengan kapasitas yang ada, tidak hanya kawasan Maloy saja yang mampu terpenuhi ketersediaan air bersihnya, namun juga mencakup beberapa wilayah Kecamatan di sekitar Maloy, termasuk Kecamatan Kaliorang yang kebagian 10 liter per detik.

Lanjut Pri, saat ini tinggal bagaimana Pemerintah menjaga agar kualitas sumber mata air gunung sekrat ini. Walaupun ada rencana penambangan di kawasan gunung sekrat oleh salah satu perusahaan semen, dirinya berharap para petinggi di Pemprov Kaltim dan Pemkab Kutim dapat bertindak cepat untuk mencegah eksplorasi tersebut. Terlebih di RTRW Kabupaten Kutim sudah jelas dikatakan bahwa tidak boleh melakukan penambangan di Gunung Sekrat tersebut. Sehingga Pemerintah bisa menyiapkan kompensasi terhadap perusahaan semen tersebut yang sudah terlanjur memiliki ijin eksplorasi semen.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments