Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pemerintah Selesaikan Tapal Batas Dalam Hitungan Jam

Pemerintah Selesaikan Tapal Batas Dalam Hitungan Jam

(2750 Views) Maret 25, 2017 11:09 am | Published by | 300 Comments
foto oleh wakhaidir

Asisten 1 Sekkab Kutim,Drs Mugeni M.si             foto oleh wakhaidir

Sangatta – Tapal batas 4 Desa dari Kecamatan Sangatta Utara dan Bengalon, rampung diselesaikan dalam hitungan jam. Tak selamanya penetapan tapal batas memerlukan energi yang ekstra untuk menyelesaikannya. Ini terlihat saat rapat bersama di ruang arau Kantor Bupati Kutim, yang diikuti oleh masyarakat Desa Singa Gembara, Muara Bengalon/ Sepaso Selatan dan Swarga Bara. Yang dipimpin oleh Asisten 1 Sekkab Kutim, Mugeni bersama Kabag Pemerintahan/ serta Camat Sangatta Utara dan Bengalon. Rapat yang dimulai pukul 14.00 tersebut, telah selesai sebelum pukul 16.00.

Tapal batas yang puluhan tahun tak ada kejelasannya, dalam hitungan jam disepakati oleh seluruh pihak. Bahwa bentang alam berupa sungai dijadikan pembatas antara Desa Muara Bengalon, Kecamatan Bengalon, dengan Desa Singa Geweh, Kecamatan Sangatta Utara, serta Desa Swarga Bara Kecamatan Sangatta Utara, dengan Sepaso Selatan Kecamatan Bengalon.

Menurut Mugeni, meski pada awalnya ada perbedaan pendapat antara Desa Singa Geweh dengan Desa Muara Bengalon. Terkait ada yang menginginkan tapal batas berupa jalan atau sungai Batota yang membelah kedua wilayah hingga ke laut. Namun setelah dipikirkan bersama untuk kepentingan anak cucu kedepan, maka disepakati sungai batotalah sebagai batas kedua desa.

Sementara Desa Swarga Bara dan Sepaso Selatan, keduanya menyepakati sungai sebagai batas desa yang juga batas antar Kecamatan. Terkait hilangnya hulu sungai dengan adanya aktivitas pertambangan, keduanya pun sepakat adanya garis imajiner yang ditarik hingga titik yang ditentukan.

Kesepakatan seluruh desa dituangkan dalam berita acara yang diteruskan untuk dikoordinasikan dengan Bupati. Sementara itu, tim tapal batas Kabupaten akan turun kelapangan bersama desa yang berbatasan, untuk pemasangan patok.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

300 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments