Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pemkab Kutim Gali Potensi Zakat, Infak dan Sedekah Melalui Program Galibu

Pemkab Kutim Gali Potensi Zakat, Infak dan Sedekah Melalui Program Galibu

(414 Views) Juni 1, 2015 12:04 pm | Published by | No comment

Sangatta. Pemkab Kutai Timur berharap program gali lima ribu (GALIBU) dapat segera disetujui oleh DPRD Kutim Kutai Timur menjadi sebuah Peraturan Daerah (Perda). Demikian diungkapkan Plt Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman.

Didampingi Ketua Baznas Kutai Timur, Idrus Yunus, Ardiansyah menjelaskan program Galibu merupakan program untuk mengajak masyarakat Kutai Timur agar mau bersedekah dan gemar berzakat. Galibu atau gali lima ribu, adalah membiasakan masyarakat untuk menyisihkan uang Rp5 ribu perharinya yang dikumpulkan selama 1 bulan menjadi Rp150 ribu, yang kemudian setorkan kepada Baznas Kutai Timur.

Menurut Ardiansyah, potensi Program Galibu ini sangat besar. Dengan asumsi Rp150 ribu per orang dalam sebulan, jika dikalikan jumlah penduduk produktif Kutim yang mampu berzakat, maka bisa menghasilkan hingga Rp7 miliar dalam sebulan. Dan jika dalam setahun, maka berpotensi hingga Rp70 miliar.

Saat ini, program Galibu oleh bagian hukum Setkab Kutim telah digodok dan diserahkan kepada DPRD Kutim untuk proses. Dirinya berharap DPRD mampu melihat potensi ini, agar program pengentasan kemiskinan melalui Zakat, Infak dan Sedekah bisa terwujud. Selain membiasakan masyarakat untuk gemar bersedekah dan berzakat, program ini juga diharapkan mampu merubah para mustahik atau penerima zakat menjadi Muzakki atau pemberi zakat.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments