Menu Click to open Menus
Home » Infrastruktur » Pemkab Kutim Mulai Langkah Awal Menuju Smart Regency

Pemkab Kutim Mulai Langkah Awal Menuju Smart Regency

(465 Views) April 4, 2018 5:36 pm | Published by | No comment

Sangatta – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur mulai membangun system Smart Regency. Langkah awal pembangunan tersebut dimulai dengan pelaksanaan Pemaparan Pendahuluan Masterplan Smart Regency, yang dilakukan di Ruang Meranti, Kantor Bupati Kutai Timur, Rabu, 4 April. Pemaparan disampaikan oleh Tim Penyusun Masterplan, dari Universitas Gajah Mada (UGM) Djokjakarta, yang memang sudah menjalin kerjasama dengan Pemkab Kutai Timur, sejak tahun lalu, demi pengembangan system tersebut.
Pemaparan dimaksudkan untuk menyusun grand design, dalam bentuk masterplan smart regency Kabupaten Kutai Timur dan pengembangan inovasi pintar melalui insfrastruktur cerdas, yang memanfaatkan teknologi.
Dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut, Bupati Kutai Timur, Ismunandar menyampaikan, Pemerintah ingin percepatan pelayanan kepada masyarakat, dengan smart regency dapat terlihat bagaimana interaksi masyarakat kepada Pemerintah dan juga sebaliknya.
Lebih lanjut Ismu menyampaikan, jika sudah dilaksanakan di Kutai Timur, berbagai kebutuhan sudah dapat diakses melalui system tersebut, mulai perijinan, informasi pertanian, informasi wisata, informasi potensi daerah, maupun data-data yang dibutuhkan Pemerintah.
Selain itu menurutnya yang diharapkan dari system tersebut, masyarakat dapat dengan mudah menyampaikan kebutuhan dan keluhannya, jadi tidak harus datang ke kantor melapor, maupun melalui media social, namun dapat menyampaikan melalui system tersebut.
Sementara menurut Sekertaris Departemen Gegrofi Pembangunan Fakultas Geografi UGM, Dr. Rini Rahmawati, saat ini Tim nya sedang menyiapkan Kabupaten Kutai Timur menjadi smart regency, dengan menyusun grand desaign yang strategis dan kebijakan pengembangan yang didalamnya ada peta guna sebagai pedoman yang membawa Kutai Timur lebih maju.
Smart Regency merupakan konsep kabupaten cerdas dalam pembangunan dan pengelolaan berbagai sumberdaya secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Voice : Khusnul Khotimah

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in: ,
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments