Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pemkab Kutim Mulai Tertibkan Pajak THM, Tahun ini

Pemkab Kutim Mulai Tertibkan Pajak THM, Tahun ini

(841 Views) Februari 16, 2015 9:06 pm | Published by | 1 Comment

Sangatta. Bagi Pengusaha Diskotik dan Tempat Hiburan Malam (THM) sejenisnya, tahun ini  Pemkab Kutim akan serius membidik usaha yang anda kelola dengan menyiapkan pajak khusus hiburan diskotik.  Pemerintah akan memberlakukan ketentuan ketat agar usaha hiburan malam ini dapat dipungut pajaknya, diantaranya dengan mewajibkan penggunaan tiket atau karcis masuk bagi pengunjung  yang masuk ke TMH atau diskotik ini.

Diakui, Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kutim Yulianti didampingi Kabid Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Musyaffa,  bahwa pihaknya beberapa tahun terakhir memang belum bisa memungut pajak hiburan diskotik kepada usaha diskotik atau THM yang cukup menjamur di Kutai Timur dikarenakan  pihak pengelola tidak memberlakukan tiket masuk kepada pengunjung. Sehingga  diskotik atau TMH ini hanya dikenakan pajak restoran, kafe atau karaoke, seperti salah satu diskotik yang dimiliki sebuah hotel bintang empat di Sangatta.

Ditambahkan Musyaffa, mulai tahun ini sesuai Peraturan Daerah (Perda) nomor 1 Tahun 2011 tentang pajak daerah, THM baik itu Diskotik atau Pub, akan dikenakan pajak hiburan Diskotik sesuai ketentuan yang berlaku. Pihaknya pada tahun ini menargetkan pemasukan lebih dari  Rp10 miliar dari pungutan pajak hiburan ini. Sedangkan tahun lalu, pihaknya hanya memperoleh Rp7 juta dari pajak hiburan karaoke. Sedangkan pungutan dari pajak restoran diperoleh lebih dari Rp750 juta, yang diperoleh dari restoran dan juga termasuk diskotik atau Pub yang dikenakan jenis pajak ini.

(voice)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Tags:
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments