Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pemkab Kutim Siapkan Perda Atur Pembatasan Penjualan Batubara dan CPO

Pemkab Kutim Siapkan Perda Atur Pembatasan Penjualan Batubara dan CPO

(418 Views) Juni 19, 2015 5:56 am | Published by | No comment

Sangatta. Pemkab Kutim serius dalam upaya peningkatan rasio investasi yang ada di Kabupaten Kutai Timur seiring dengan target peningkatan pertumbuhan rasio investasi yang dipatok oleh pemerintah provinsi Kaltim yakni 60 persen pada dua tahun kedepan.

Menurut Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman, saat ini Pemkab Kutim tengah menggodok peraturan daerah (Perda) terkait aturan penjualan batu bara dan crude palm oil (CPO) dari Kutai Timur ke luar daerah. Perda ini selain merupakan upaya Pemkab Kutim dalam pengembangan investasi dalam industri hilir yang ada di Kutai Timur, juga merupakan respon terhadap Peraturan Gubernur (Pergub) Kaltim Nomor 17 Tahun 2015 tentang Penataan Pemberian Izin dan Non Perizinan serta Penyempurnaan Tata Kelola Perizinan di Sektor Pertambangan, Kehutanan dan Perkebunan Kelapa Sawit.

Lanjutnya, dalam perda yang tengah digodok ini, aturan main tentang jumlah batu bara dan dan CPO yang boleh dijual dan yang akan dikelola oleh daerah sendiri masih dalam kalkulasi apakah 60 persen boleh dijual keluar Kutim ataukan 60 persen harus dikelola  daerah demi pemenuhan kebutuhan dalam daerah. Namun ujar Ardiansyah yang terpenting dari hasil alam yang selama ini ditambang di daerah, ada persentase yang memang harus dikelola oleh daerah sendiri dan digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran masyarakat di daerah.

(voice)

Lebih jauh Bupati Ardiansyah mengatakan, kelak dengan adanya aturan main batasan penjualan Batubara dan CPO di Kutim, diharapkan pertumbuhan industri hilir seperti pabrik minyak goreng, sabun dan lainnya dapat tumbuh dan berkembang pesat, serta menarik banyak investor dan tenaga kerja lokal. Selain itu, dengan dikelolanya batubara sendiri, juga dapat mengatasi krisis energi listrik yang selama ini masih dialami sebagian masyarakat Kutai Timur khususnya yang ada di pedalaman Kutim.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments