Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » PEMKAB KUTIM TANDATANGAN NOTA KESEPAHAMAN DENGAN UNMUL, STIPER, BPTP KALTIM

PEMKAB KUTIM TANDATANGAN NOTA KESEPAHAMAN DENGAN UNMUL, STIPER, BPTP KALTIM

(615 Views) April 27, 2016 9:04 am | Published by | No comment

IMG20160427121002Sangatta – Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Timur melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman antar Universitas Mulawarman Samarinda, Sekolah Tinggi Pertanian (STIPER) Kutai Timur, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Timur, yaitu melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Kutai Timur, diruang Tempudan Kantor Bupati, Rabu (27/4)

Dalam kesempatan tersebut Bupati Kutai Timur, Ismunandar menuturkan Berkaitan dengan Visi Pembangunan Jangka Panjang  Daerah (RPJP-D) Kabupaten Kutai Timur tahun 2006-2025 adalah “Terwujudnya Ekonomi Daerah yang berdaya saing da bertumpuh pada pemanfaatan Sumber Daya Lokal Menuju Kemandirian Daerah”,  dari Visi terdapat tiga kata kunci (key word) yaitu; Mandiri, Ekonomi, dan Sumber Daya.

Demikian pula halnya dengan Misi Pemabngunan Jangka Panjang Kabuapten Kutai Timur yaitu; pertama mewujudkan kehidupan masyarakat/SDM yang ditandai oleh meninngkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) melalui pemenuhan kebutuhan dasar. Dua mewujudkan perbaikan sistem Pemerintahan, pelaksana pemabngunan daerah dan pemberdayaan masyarakat yang berbudaya, berkeadilan, berwawasan kebangsaan dan berbasis pengatahuan. Tiga mewujudkan pengembangan wilayah dalam kontek kebijakan otonomi daerah dan desentralisasi fiskal dalam rangka mengurangi disparitas antar wilayah dan sektor pembangunan. Empat memberdayakan seluruh kekuatan ekonomi daerah terutama sektor economic base yaitu sektor pertanian dan industri pengolahan hasilnya serta bertumpu pada masyarakat dengan memiliki standar kompetensi pasar/berdaya saing. Lima mewujudkan sistem dam iklim daerah yang aman, demokratis berdasarkan nilai-nilai budaya lokal serta berketrampilan dan mengusai IPTEK.

Ismunandar mengunpkapkan, sejalan dengan Visi Misi tersebut, Pemerintah Kabupaten Kuati Timur akan bekerjasama dalam membangun kesepakatan dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kaltim, dan bersinergi dengan pihak-pihak terkait dalam rangka peningkatan kualitas pembangunan daerah di Kabupaten Kutai Timur melalui kerjasama dalam bidang kelitbangan, pendidikan dan pemberdayaan masyarakat. Ruang lingkup yang tertuang dalam Nota Kesepahaman antara lain berupa, pertama penyelenggara kelitbangan meliputi penelitian, pengembangan, pengkajian penerapan, perekayasaan dan pengoperasian. Kedua pengembang Sumber Daya Aparatur, Tiga pendampingan serta bantuan tenaga ahli.

Lebih Lanjut, Ismunandar mengatakan kerjasama ini tentu saja memiliki peran yang strategis, jadi dengan adanya kesepakatan tersebut Bupati Ismunandar berharap kepada seluruh SKPD dapat memanfaatkan momentum yang sangat tepat ini, selanjutnya Universitas Mularwarman dan STIPER Kutim yang bentuk kerjasamanya dapat disesuaikan dengan program-program yang ada disetiap SKPD khusunya dalam mensukseskan program Desa Membangun yang dilaksanakan secara fokus dan tuntas.

Lebih Jauh, Buapti Ismunandar menghimbaukan kepada seluruh komponen dan jajaran Pemerintahan Kabupaten Kutai Timur untuk segera berakselarasi dengan kesepatan tersebut, agar penandatanganan Nota Kesepahaman bukan semata kegiatan serimonial belaka namun memiliki arti yang lebih nyata untuk dilaksankan dalam rangka mendorong terwujudnya kemandirian Kutai timur melalui pembangunan Agribisnis  dan Agroindustri.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments