Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pemuda Menjadi Agen Perubahan

Pemuda Menjadi Agen Perubahan

(1418 Views) April 23, 2015 9:47 am | Published by | 5 Comments

SANGATTA- Asisten Administrasi Sekkab Edward Azran mengungkapkan, peran pemuda sangat besar dalam perjalanan bangsa Indonesia. Berkat kegigihan berjuang, pemuda Indonesia telah sukses meletakkan pondasi perekat persatuan yang dikenal Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda ini diikrarkan pertama kali, 28 Oktober 1928 silam yang intinya berisi satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa yakni Indonesia.
“Umur 16 hingga 40 tahun merupakan usia muda produktif bagi pemuda. Usia muda mengandung makna esensial yang memiliki kelebihan. Pemuda memiliki semangat, dan punya karakter idealisme (kritis),” kata Edward Azran pada acara pembukaan sosialisasi Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang kepemudaan, dan peraturan perundang-undangan tentang dana hibah yang dilangsungkan sehari di Hotel MS, Sangatta.
Karena pemuda menjadi agen perubahan, mak sebaiknya pemuda sebaiknya diberi pemahaman yang benar agar memiliki moralitas (akhlak), serta memiliki kualitas dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Tantangan kawula muda zaman dahulu beda dengan tantangan pemuda era globalisasi dewasa ini. Menurut Edward, dahulu teknologi masih sangat terbatas dan listrik di kampung-kampung belum ada. Sekarang, di zaman modern informasi teknologi sudah canggih-canggih. Namun pengguna internet harus pandai memilih dan memilah dalam mengakses informasi di dunia maya. Karena tidak semua isi dunia maya itu sifatnya mendidik.
“Pemuda jangan sampai salah isi (informasi). Kalau salah isi, bisa-bisa jadi penjahat. Jangan mudah terima godaan negatif,” tegasnya sesaat menyematkan atribut pada perwakilan peserta disaksikan Kabag Humas Setkab Mucthar dan seisi ruangan.
Selanjutnya Edward menyebut antangan pembangunan kedepan makin berat, kawula muda harus mempersiapkan diri lebih matang, agar menjadi gatra-gatra bersatu padu selaku generasi penerus perjuangan bangsa. Pemkab Kutim dalam hal ini berperan memberikan pembinaan terhadap pemuda, agar bangsa Indonesia makin kokoh. Di tangan pemuda, bangsa Indonesia bisa berjaya. Karena informasi yang disampaikan pada kegiatan ini sangat penting, Edward meminta pemuda mengikuti, pahami dan mengiimplementasikan materi yang dipaparkan narasumber. Acara tersebut diselenggarakan Bagian Pemberdayaan Masyarakat Setkab dengan melibatkan pengurus organisasi pemudaan di lingkup wilayah tiga kecamatan, yakni Sangatta Utara, Sangatta Selatan dan Teluk Pandan. Kedepan, menurut Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat Setkab Mardiani, pihaknya melanjutkan kegiatan serupa di beberapa tempat dengan membagi zona. (hms)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

5 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments