Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Penerbangan Perintis Kini Jadi Pilihan Alternatif Masyarakat Kutim dalam Bepergian

Penerbangan Perintis Kini Jadi Pilihan Alternatif Masyarakat Kutim dalam Bepergian

(594 Views) Mei 22, 2015 11:49 am | Published by | No comment

Sangatta. Walaupun hinga kini belum memberikan pemasukan bagi daerah karena murni masih mendapatkan subsidi dari pemerintah pusat, namun keberadaan jalur penerbangan pesawat terbang perintis jenis ATR yang kini dikelola Dinas Perhubungan Kutai Timur, dirasakan cukup memberikan manfaat bagi masyarakat Kutai Timur.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kutai Timur Johansyah Ibrahim didampingi Kabid Perhubungan Darat Chairuddin, keberadaan jalur penerbangan pesawat ATR yang kini dikelola Dishub Kutim dirasa sangat memberikan manfaat bagi masyarakat Kutim. Pesawat yang melayani rute Sangatta-Balikpapan  dan sebaliknya, dengan jadwal 3 kali dalam seminggu dan menyediakan 15 kursi penumpang ini, memberikan alternatif bagi masyarakat Kutim yang ingin berpergian ke Balikpapan atau ke kota lainnya, jika ingin mengunakan jasa penerbangan.

Diakuinya, hingga kini memang penerbangan perintis ini belum memberikan PAD kepada kutai Timur karena murni disubsidi oleh pusat. Selain itu, bandara yang digunakan di Sangatta masih milik perusahaan, sehingga Pemkab belum bisa melakukan pungutan apa-apa. Namun setidaknya, dengan adanya rute penerbangan perintis ini, menjadi cikal bakal rute penerbangan di Kutai Timur agar jika ke depan Kutim sudah memiliki bandara sendiri, maka tidak perlu repot lagi mengurus izin rute penerbangan.

Selain itu pula, dengan tingginya animo masyarakat untuk memanfaatkan penerbangan tersebut, tahun ini Pemkab Kutim kemungkinan akan mengajukan penambahan jadwal penerbangan Sangatta-Balikpapan menjadi 4 kali dalam seminggu. Hal ini terlihat karena masyarakat kini lebih memilih menggunakan pesawat jika ingin ke Balikpapan yang hanya menempuh waktu 2 jam penerbangan dari pada menggunakan jasa mobil travel dengan 7 jam waktu tempuh jalur darat antara Sangatta-Balikpapan.

(Voice)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments