Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pengembangan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Di Kutai Timur

Pengembangan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Di Kutai Timur

(5271 Views) April 15, 2017 7:50 am | Published by | 279 Comments

Dr. Muslimin, M.Si. : Sebuah pendekatan berbasis koperasi

Sangatta – Kutai timur memiliki potensi besar dalam pengembangan pariwisata dan produk2 kreatif, potensi besar ini sangat beralasan karena daerah ini memiliki kekayaan alam dan budaya yg cukup besar dan menyebar hampir di semua wilayah yg ada di kutai timur, bahkan masih terpelihara dan terjaga dengan baik seperti pesta adat dan budaya di muara wahau, dan potensi besar ini harusnya mampu memberikan sumbangan nilai ekonomi bagi daerah.

Keterpaduan Program

Saat ini obyek wisata yg ada masih jarang yang didesain agar sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa maju bersama dan tumbuh saling mendukung. Dari sudut pandang manajemen pengelolaan , obyek wisata berdiri sendiri dengan orang2 yang menjual produk kreatif seperti cendra mata dan produk khas daerah.

Dari sisi pengelolaan manajemen pariwisata di kelola oleh pemerintah namun dari sisi pengelolaan produk ekonomi kreatif seperti penjualan cendra mata dan produk khas daerah dilakukan oleh masyarakat, kelemahannya adalah tentu fasilitas yang didapat oleh masyarakat menjadi kurang memadai.

Untuk memajukan pariwisata dan produk kreatif secara bersamaan perlu upaya untuk memadukan program pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi satu paket, artinya obyek wisata harus bekerja sama dengan orang2 yg terlibat dalam penjualan hasil kerajinan masyarakat itu.

Saat ini pemerintah menggolongkan sektor ekonomi kreatif kedalam 14 sektor antara lain,,periklanan, arsitektur, pasar barang seni, kerajinan, desain, fashion, percetakan, fotografi, dll. Dari sektor2 itu tentu untuk daerah kutim yg berpotensi dalam satu paket dengan pariwisata adalah industri kerajinan, dan pasar seni.

Koperasi Sebagai Alternatif Solusi

Koperasi sebagai kumpulan orang2 yang memiliki satu tujuan untuk meningkatkan skala ekonomi menjadi pilihan menarik untuk dijadikan media pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif. Dengan pembentukan koperasi orang2 yang ada dalam ruang lingkup obyek wisata tersebut akan berusaha bersama sama untuk membangun keinginannya itu.

Pembentukan koperasi yang melibatkan semua stakeholder yang ada diobyek wisata menjadi sangat penting peranannya bagi kemajuan industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Dan tentu harapannya dengan kerjasama itu mereka diharapkan mampu meningkatkan harkat ekonominya, menciptakan citra daerah, menciptakan kesejahteraan masyarakat dan pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pariwisata.

Sangatta,15.4.17
Penulis.Dr.Muslimin,M.Si
(Litbang kutim/dosen STIE sangatta)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

279 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments