Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Penyakit Tidak Menular Lebih Mendominasi

Penyakit Tidak Menular Lebih Mendominasi

(544 Views) November 16, 2017 5:17 pm | Published by | No comment


Sangatta – Banyaknya penderita penyakit tidak menular lebih dominan dibanding penyakit menular, perbandngannya sebanyak tujuh puluh persen penyakit tidak menular dan tiga puluh persen penyakit menular. Untuk menurunkan jumlah tersebut, pemerintah Kutai Timur melalui Dinas Kesehatan mengupayakan dengan cara prepentif atau dengan cara pencegahan lebih awal.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kutai Timur, Dr. Bahrani mengatakan, Saat ini yang banyak ditemukan adalah pasien stroke, darah tinggi, kencing manis, dan lainnya. semua itu merupakan penyakit yang tidak menular. Untuk mengurangi hal tersebut, Pemerintah terus mengkampanyekan Gerakan Hidup Sehat (Germas). Gerakan tersebut diharapkan dapat mengurangi penderita sakit pada generasi mendatang. Pada germas dibiasakan gerakan fisik minimal tiga puluh menit perharinya dan makan makanan sehat seperti buah dan sayur serta rutin cek kesehatan.

Selain itu, sesuai anjuran Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 53 kepada seluruh Kepala Dinas Kesehatan dan kepala Puskesmas Seluruh Indonesia, agar mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki dalam rangka penyelesaian permasalahan kesehatan yang masih tinggi di Indonesia yakni kematian ibu, tingginya angka kurang gizi serta penyakit tidak menular, terkait hal tersebut Bahrani mengatakan, sudah menjalankan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga, setiap puskesmas sudah mulai melakukan pendataan setiap keluarga, data tersebut akan dijadikan pemetaan setiap desa. Dengan data tersebut diketahui jumlah anggota keluarga, penyakit yang diderita, jumlah ibu hamil dan juga balita disetiap daerah.

Voice : Khusnul Khotimah

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments