Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Perayaan Natal Bersama 3 Kecamatan, Junjung Toleransi Antar Umat Beragama Demi NKRI Kuat

Perayaan Natal Bersama 3 Kecamatan, Junjung Toleransi Antar Umat Beragama Demi NKRI Kuat

(1074 Views) Desember 11, 2016 9:13 pm | Published by | No comment

pohon-natalSangatta – Berbagai kalangan mengapresiasi tingginya toleransi antar umat beragama, yang terjalin di kecamatan kongben. Hal ini terlihat saat perayaan natal bersama tiga kecamatan, dan peresmian gereja gkii.

Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekkab Kutim, Mugeni meresmikan berdirinya gereja GKII, di Desa Makmur Jaya Kecamatan Kongbeng. Gereja yang dibangun sejak 2009 lalu, menghabiskan anggaran hingga Rp 1,2 miliar. Lamanya pembangunan, lantaran biaya pembangunan lebih banyak berasal dari swadaya jemaat, ketimbang bantuan dari Pemerintah maupun pihak Swasta.

Salah satu Gereja termegah di Kecamatan Kongbeng tersebut, digunakan dalam perayaan Natal Gabungan Tahun 2016, antara jamaat Kecamatan Wahau, Telen Dan Kongbeng, yang dilaksanakan pada tanggal 6 hingga 9 Desember 2016. Berbagai acara perlombaan pun diselenggarakan pihak gereja, untuk menyemarakan penyambutan natal 2016.

Dalam natal gabungan tersebut, tampak betapa besarnya rasa toleransi antar umat beragama. Dimana umat Muslim juga turut mengamankan perayaan natal, bersama TNI dan POLRI. Melihat kebersamaan tersebut, mendapatkan apresiasi dari Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekkab Kutim, dirinya mengharapkan agar toleransi tersebut tetap dipertahankan, serta Kecamatan lain dapat mencontoh apa yang diterapkan warga Kongbeng.

Insert : Mugeni (Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekkab Kutim)

Hal senada juga diungkapkan oleh Perwakilan Kepala Adat Besar, Yan yang menilai toleransi ini sebagai perwujudan NKRI yang kuat, dalam keberagaman dimasyarakat dari tiga Kecamatan. Revolusi mental yang dicanangkan oleh pemerintah pusat, telah diaplikasikan di Kecamatan yang berbatasan dengan Berau tersebut, dimana umat mulim pun dapat beribadah dengan aman dan nyaman, meski berada di lingkungan suku dayak yang mayoritas nasrani.

Insert : Yan (Perwakilan Kepala Adat Besar Kongbeng)

Sementara itu, Anggota Dprd Kutim Dapil VI, Syarifuddin Ham menghimbau agar masyarakat tidak turut terprovokasi oleh isu yang belakangan ini terjadi di ibu kota Jakarta. Dirinya berharap, agar kebersamaan yang telah terjalin dapat terus dijaga. Dirinya juga mengapresiasi berdirinya Gereja meski dengan dana swadaya masyarakat.

Insert : Syarifuddin Ham (Anggota Dprd Kutim Dapil 4)

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments