Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Perda Kawasan Tanpa Rokok Disahkan, Bupati Ismunandar Siap Sosialisasikan

Perda Kawasan Tanpa Rokok Disahkan, Bupati Ismunandar Siap Sosialisasikan

(755 Views) November 10, 2017 11:45 am | Published by | No comment

Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) kabupaten kutai timur dalam paripurna ke 42 masa persidangan ketiga tahun 2017, telah mengesahkan peraturan daerah (perda) kawasan tanpa rokok di wilayah kabupaten kutai timur. Sebagai langkah awal, rencananya kantor bupati kutai timur dan seluruh kantor skpd di lingkungan pemkab kutim akan menjadi percontohan atau pilot project dalam penerapan perda kawasan tanpa rokok ini.

Bupati kutai timur, ismunandar kepada rpd kutim mengatakan dirinya selaku pengambil kebijakan siap menerapkan perda kawasan tanpa rokok ini, terlebih untuk lingkungan kantor bupati dan seluruh kantor skpd di lingkungan pemkab kutim. Namun tentu ada sosialisasi  terlebih dahulu, sesuai apa yang diamanatkan dalam perda bahwa harus dilakukan sosialisasi untuk mengenalkan perda tersebut kepada masyarakat.

Namun lanjut ismu, dirinya juga harus tetap adil terhadap para pegawai yang memang perokok aktif, yang ada di kantor bupati dan di masing-masing skpd. Sehingga dirinya bijak jika tetap disediakannya ruangan atau tempat khusus merokok. Sehingga tidak boleh lagi ada aktifitas merokok di dalam ruangan kerja. Bahkan dirinya secara tegas menyinggung sekda kutim dan asisten bidang ekonomi dan pembangunan, yang memang terbiasa merokok di ruang kerja mereka. Jika ketahuan tetap merokok di dalam ruang kerja, maka diminta agar dilaporkan kepada dirinya.

Dengan disahkannya peraturan daerah tentang kawasan tanpa rokok, maka tidak hanya kawasan tersebut terbebas dari asap rokok, namun juga adanya larangan untuk memperdagangkan rokok pada kawasan tanpa rokok tersebut. Selain perkantoran pemerintah dan fasilitas kesehatan, seperti puskesmas dan rumah sakit, kawasan tanpa rokok juga diterapkan pada beberapa fasilitas umum dan fasilitas pendidikan. Bahkan ada ketentuan terkait larangan menjual rokok kepada anak atau remaja dibawah usia 18 tahun.

Voice : Mike Trigunawati – Sosialisasikan Perda KTR

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments