Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Perda OPD Disahkan, Pemkab Kutim Segera Susun Formasi Struktural

Perda OPD Disahkan, Pemkab Kutim Segera Susun Formasi Struktural

(1071 Views) November 5, 2016 7:45 pm | Published by | No comment

opd-perda opd

Sangatta. Dengan telah disahkannya peraturan daerah (Perda) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kutai Timur, kemarin, maka pemerintah Kutim dipastikan akan segera menyusun formasi pejabat struktural yang akan masing-masing kursi pada Sekretariat Kabupaten (Setkab), Sekretariat DPRD Kutim, 27 Dinas, 5 Badan, 18 Kecamatan dan 2 Kelurahan, sesuai Perda OPD Kutim.

Dikatakan Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, dengan disahkannya perda OPD ini, tidak serta merta langsung membubarkan Dinas dan Instansi perangkat daerah yang sudah ada. Namun tentu setelah perda OPD diterapkan maka otomatis akan ada penyesuaian seiring dengan pelaksanaan mutasi jabatan nantinya. Seperti hilangnya beberapa dinas akibat penarikan kewenangan oleh pihak provinsi Kaltim, serta ada pula yang dilakukan peleburan.

Terkait rencana mutasi, diakui Kasmidi kemungkinan akan dilakukan tidak lama lagi. Bahkan, Bupati Kutim sudah menginstruksikan untuk segera melakukan rapat internal, sembari mempersiapkan personil-personil yang akan menempati jabatan-jabatan yang kosong. Sementara jika ada pergeseran posisi, Kasmidi menganggap hal tersebut sangat wajar dalam upaya penyegaran suasana kerja. Bahkan saat ini sudah ada beberapa PNS yang telah menduduki jabatan struktural, meminta pengajuan pindah karena beralasan jenuh dengan suasana kerja di tempat yang lama.

Lanjutnya, kemungkinan besar penerapan Perda OPD ini akan mulai diberlakukan pada bulan Januari mendatang seiring dengan penggaran APBD murni 2017. Namun yang pasti, dalam penempatan seseorang untuk menduduki posisi jabatan struktural tentu pemerintah Kutim nantinya akan merujuk pada aturan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Perda OPD. Sehingga tidak ada istilah mengada-adakan jabatan yang tidak ada dasar aturannya.

(Voice : Wabup Kasmidi – Berlakukan Perda OPD dan Siapkan Posisi Jabatan)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments