Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Perdana, Seniman Lukis Unjuk Gigi di Kutim

Perdana, Seniman Lukis Unjuk Gigi di Kutim

(3438 Views) Mei 27, 2015 8:16 am | Published by | 111 Comments

SANGATTA – Pelukis-pelukis handal yang ada di Kutai Timur (Kutim) ternyata melimpah. Buktinya, dari kegiatan pameran seni lukis kebangkitan seni rupa Kutim 2015 yang digelar oleh Hotel Royal Victoria (HRV) yang bekerjasama dengan  Kaltim Prima Coal (KPC) dan Pemerintah yang diselenggarakan di Hotel Royal tersebut menampilkan berbagai jenis lukisan yang membuat mata sulit berkedip.
Pasalnya, selain pameran lukisan yang diselenggarakan secara perdana, lukisan yang ditampilkan juga didominasi oleh ciri khas dan budaya Kutim. Sehingga keindahan yang ditampilkan juga ikut menyatu dengan warga Kutim itu sendiri.

”Kegiatan pameran lukis ini kita laksanakan selama 6 hari tepatnya dimulai dari tanggal 25 hingga 30 Mei 2015. Pameran lukis ini juga pesertanya memang tidak sepenuhnya dari Kutim, melainkan dari berbagai kota. Yakni seniman nasional Balikpapan, seniman nasional Bontang, seniman nasional Kutim sendiri dan juga ikut Komunitas Pelukis Sangatta. Tetapi memang yang lebih kita tonjolkan ialah seniman asal Kutim itu sendiri,”ujar Ketua Panitia Basuki Isnawan.

Dikatakan Basuki, dalam kegiatan yang digelar tersebut, pihaknya tidak hanya menampilkan pameran lukisan khas Kutim saja, melainkan juga beberapa kesenian yang menarik lainnya. Seperti pameran senirupa Sangatta, diskusi seni budaya Kutim, workshop seni rupa tulis, sketsa bersama, penerbitan buku katalok pameran dan wisata zona Kutim.

”Jadi selama satu minggu ini banyak kegiatan yang kita gelar di Royal. Salah satu tujuan kita ialah untuk menunjukkan bahwa pemuda dan pemudi Kutim ini sangat luar biasa sekali dalam hal melukis. Hanya saja belum terlihat potensi-potensi masing-masing. Melalui kegiatan ini barulah terlihat ternyata hasilnya sangat luarbiasa sekali. Ini jelas menjadi kebangggaan kita dan Kutim khususnya,”katanya.

Disebutkan Basuki, dalam pameran seni lukis tersebut sedikitnya diikuti oleh 15 orang pelukis. Baik tingkat anak-anak, dewasa maupun orang tua. Baik laki-laki maupun perempuan. Diantara pesertanya ialah Darmawan, Agung Suroso, Surya Darma, Rohmad, Dwi Arianto, Agustin Panca, Widiatmoko, Suko Adi, Deni, Agung Basuki, Agung Sri, Dimas. Benedikta dan M. Sandi,”Inilah pelukis-pelukis handal kita yang dapat mencengangkan mata pengunjung. Mereka semua luarbiasa dan siap memberikan pelatihan kepada yang ingin bergabung,”katanya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Sangatta Darmawan menuturkan, pameran yang diikutinya beserta teman-teman merupakan salah satu usaha memperkenalkan diri dan menunjukkan bahwa Kutim memiliki potensi luar biasa yang dapat diandalkan.”Saat ini banyak orang yang belum tau kalau di Kutim ada komunitas lukis. Banyak juga yang mengaggap remeh melukis itu akan jadi apa. Padahal, lukis merupakan wadah meluangkan expresi, meluangkan kejenuhan, kegelisahan dan kepenatan. Ini adalah kesenangan yang tidak bisa dibeli dengan apapun. Kemudian lukisan juga sangat menghasilkan rupiah yang menjanjikan. Tentunya keakraban kepada sesama akan semakin erat dan menambah wawasan hingga pergaulan,”kata Darmawan bersama Ketua 2 Agung Suroso

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

111 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments