Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Peringatan Hari Nusantara 13 Desember, Lanal Sangatta Gelar Upacara di Makolanal Sangatta

Peringatan Hari Nusantara 13 Desember, Lanal Sangatta Gelar Upacara di Makolanal Sangatta

(654 Views) Desember 13, 2016 1:27 pm | Published by | No comment

b

Sangatta – Upacara Hari Nusantara 2016, telah dilaksanakan oleh seluruh Prajurit Lanal Sangatta dengan tema “Tata Kelola Potensi Maritim Nusantara Yang Baik Menju Poros Maritim Dunia” yang bertempat di Lapangan Apel Mako Lanal Sangatta. Pagi tadi pukul 07.55 wita Selasa, (13/12/16)

Inspektur Upacara kali ini yakni Danlanal Sangatta, Letkol Laut (P) Mulyan Budiarta dan sebagai Komandan Upacara Lettu Laut (PM) P. Siagan, yang diikut peserta Upacara seluruh Prajurit Perwira Bintara dan Tamtama Lanal Sangatta.

Pada Kesempatan itu, Danlanal Sangatta, Mulyan Budiarta dalam sambutan Mentri Kelautan dan Perikanan selaku Ketua Harian Dewan Kelautan Indonesia, Susi Pudjiastuti menyatakan bahwa Deklarasi Djoenda pada 13 Desember 1957 merupakan tonggak bagi penyatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang utuh, dan diantara pulau yang satu dengan yang lain tidak terdapat laut Internasional. Sehingga melalui pernyataan diri sebagai negara kepulauan, maka laut bukan pemisah tetapi pemersatu bangsa.

Melalui Deklarasi Djoenda ini pula maka prinsip-prinsip wilayah laut negara kepulauan kemudian diterima, sehingga wilayah laut Indonesia bertambah luas menjadi kurang lebih 5,8 juta Kilometer. Tanggal 13 Desember kemudian ditetapkan sebagai Hari Nusantara oleh Presiden RI ke lima Megawati Soekarno Putri melalui Kepres nomor 126 tahun 2001.

Momen Hari Nusantara, selain bertujuan untuk meningkatkan kembali tentang jati diri bangsa Indonesia sebagai bangsa bahari yang hidup di negara kepulauan bercirikan nusantara, juga dimaksudkan untuk mengubah mindset terhadap ruang hidup dan ruang juang dari matra darat menjadi matra laut, serta meningkatkan pemahaman wawasan kelautan kepada masyarakat. Hal ini tentunya ditujukan untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mampu mengelola potensi sumber daya alam laut bagi kesejahteraan masyarakat, sebagaimana visi Pemerintah yang ingin menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Insert : Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Mulyan Budiarta

Pada saat pelantikan Presiden Jokowi menyatakan bahwa kita telah lama memunggungi laut, memunggungi samudera, selat dan teluk. Padahal kita sangat memahami bahwa laut adalah masa depan bangsa.

Kementrian Kelautan dan Perikanan menerjemahkan arahan Presiden tersebut, dengan berkomitmen untuk melaksanakan pembangunan dan pengelolaan kelautan nasional melalui tiga misi yakni kedaulautan berkelanjutan dan kesejahteraan.

Salah satu wujud nyata dari visi tersebut adalah dengan memberantas illegal fishing melalui penegakan hukum dilaut, pemberantasan illegal fishing telah memberikan dampak yang signifikan bagi ekonomi perikanan di Indonesia, bahkan bagi duania Internasional. Sumber daya semakin melimpah dan dapat dinikmati oleh seluruh nelayan Indonesia.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments