Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Peringatan Hari Sampah Nasional 2017 Ditandai Dengan Membersihkan Sungai dan Pantai

Peringatan Hari Sampah Nasional 2017 Ditandai Dengan Membersihkan Sungai dan Pantai

(569 Views) Februari 21, 2017 5:19 pm | Published by | No comment

Sangatta – Peringatan Hari Sampah Nasional yang diperingati setiap tanggal 21 Februari, diperingati di Kutai Timur dengan membersihkan sungai dan pantai.
Rangkaian pelaksanaan kegiatan pembersihan tersebut sudah dilakukan sejak 4 Februari lalu yang diawali dengan membersihkan aliran sungai dan lingkungan Desa Masabang, kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari dengan menurunkan empat ratus personiel yang terdiri dari petugas kebersihan dan masyarakat.

Pengerukan sungai dilakukan dengan menggunakan excavator amfibi yang dilakukan di sepanjang sungai masabang sejauh dua kilometer. Sementara untuk kegiatan membersihkan pantai, dilakukan di Pantai Teluk Lombok Kecamatan Sangatta Selatan dihadiri Bupati Kutai Timur, Ismunandar yang dilaksanakan pada, Selasa, 21 Februari, dimulai sejak jam delapan pagi dengan melibatkan petugas kebersihan, instansi pemerintahan dan masyarakat setempat.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kutai Timur, Ence Ahmad Rafiddin Rizal mengatakan, tema peringatan hari sampah nasional tahun 2017 iyalah “Nenekku seorang pelaut, bukan pembuang sampah kelaut”, ini merupakan kebiasaan sebagaian masyarakat yang tinggal dipantaran sungai, membuang sampah ke sungai yang akhirnya sampah sampai di laut, yang mengakibatkan pantai menjadi kotor. Untuk itu pemerintah memprakarsai kegiatan bersih-bersih pantai.

Pembersihan pantai merupakan puncak kegiatan peringatan hari sampah yang ditandai dengan pengukuhan petugas bank sampah dan penandatanganan komitmen pemangku kepentingan di Kabupaten Kutai Timur demi terwujudnya Indonesia Bebas Sampah 2020.

Voice : Reporter RPDKutim / Khusnul Khotimah

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments