Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Peringati Hari Lahir Pancasila, Bupati :Pancasila Sebagai Pemersatu Bangsa

Peringati Hari Lahir Pancasila, Bupati :Pancasila Sebagai Pemersatu Bangsa

(215 Views) Juni 1, 2019 5:27 pm | Published by | No comment

SANGATTA – Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Kabupaten Kutai Timur Sabtu, (1/06/2019) berlangsung khidmat, meskipun dilaksanakan didalam ruangan, tidak seperti pada perayaan sebelumnya yang biasanya digelar di lapangan kantor Bupati Kutim. hal ini dikarenakan sejak pagi hari hujan mengguyur kota Sangatta, sehingga upacara dilaksanakan di Gedung Serbaguna Komplek Perkantoran Bupati Pelangi Sangatta. Namun hujan yang mengguyur Kota Sangatta tersebut tidak memudarkan semangat peserta untuk mengikuti rangkaian upacara yang diikuti seluruh aparatur sipil negara (ASN) bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kutim.

Bupati Kutai Timur Ismunandar yang memimpin langsung jalannya upacara tersebut membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia menyatakan, Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “pendiri bangsa”  atau pendahulu merupakan suatu anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa bagi  bangsa Indonesia. Pancasila katanya, harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi suatu berkah.

Sementara itu, ditemui usai melaksanakan upacara Bupati Ismunandar  didampingi Wakil Bupati Kasmidi Bulang mengungkapkan, pada peringatan Hari Lahir Pancasila ini khususnya di Kabupaten Kutai Timur, harapannya agar dapat mengingatkan kembali bahwa Pancasila sebagai sebuah pondasi dan sebagai pemersatu bangsa. seperti diketahui, Indonesia mempunyai beragam pulau, suku dan bahasa tetapi kita mampu bersatu dalam kesatuan Bhinneka Tingga Ika. Saling menghargai, saling menghormati, saling toleransi itulah yang terangkum dalam Pancasila.

Selanjutnya mengenai para TK2D dan ASN yang tidak mengikuti upacara, dirinya memaklumi karena sudah bertepatan dengan cuti bersama. namun bagi para pejabat Eselon wajib hadir.

 

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments