Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » PERSIAPKAN PERDA INISIATIF CSR DPRD KUNJUNGI PERTAMINA

PERSIAPKAN PERDA INISIATIF CSR DPRD KUNJUNGI PERTAMINA

(544 Views) Maret 25, 2016 11:51 am | Published by | No comment

SANGATTA – DRPD Kutim persiapkan perda insiatif mengenai corporate social responsibility (CSR). Beradasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2004 tentang kegiatan usaha hulu migas. Pada pasal 74 kontraktor dalam kegiatan ikut bertanggung jawab dalam mengembangkan lingkungan dan  masyarakat setempatnya dan pasal 70 kegiatan pengembangan lingkungan dan masyarakat setempat dilakukan dengan berkoordinasi dengan pemerintah daerah.  Untuk itu DPRD yang memiliki fungsi sebagai penganggaran, pengawasan, dan pembuat perda, melakukan kunjungan kerja ke pertamina. Kunjungan ini merupakan langkah awal dari pembuatan perda inisiatif  CSR.

15 anggota DPRD dari komisi gabungan dalam kunjungan ini berdialog langsung dengan pihak Pertamina, tidak hanya seputar CSR kujungan ini juga merupakan pengasawan yang dilakukan DPRD ke Pertamina. pengawasan yang dilakukan meliputi asset besi tua yang selama ini hanya dibiarkan menumpuk dan banyak yang dicuri sementara pada aturannya besi tua ini dapat dihibahkan ke pemerintah daerah melalui pemerintah pusat sehingga dapat menambah pemasukan ABPD dan dapat digunakan untuk kepentingan masyarakat. Selain itu Pengawasan juga dilakukan dibidang pengrekrutan tenaga kerja apakah Pertamina sudah memperdayakan masyarakat setempat sesuai dengan kompetensinya.

Beberapa Anggota DPRD juga melontarkan pertanyaan ke Pertamina, diantaranya Harpandi dari komisi B yaitu meliputi berapa hasil yang didapat pertamina, suplay minyak mentah kemana, minyak yang ada sampai saat ini berapa  dan jumlah sumur yang masih beropasi. Data-data ini digunakan mengukur berapa kesanggupan pertamina dalam menyalurkan csr.

Menurut Sayyid Anjas dari ketua komisi B mengatakan, DPRD ingin menjalin komunikasi dengan pertamina. Banyak hal yang harus disingkronisasi terutarama segi csr yang dalam waktu dekat akan dibahas pansusnya dan akan keluar peraturan pemerintahnya, untuk itu pertamina harus ikut andil.

Voice

Pertemuan yang berlangsung kurang lebih 3 jam ini selanjutnya akan dilanjutkan dengan pertemuan hearing yang dilakukan di DPRD, ini dikarenakan menurut pihak pertamina jadwal kunjangan kerja ini diterima pertamina mendadak sehingga pihak pertamina belum menyiapkan data-data yang dibutuhkan DPRD.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments