Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Plt Sekda Jamin Dana Kontraktor Akan Terbayarkan

Plt Sekda Jamin Dana Kontraktor Akan Terbayarkan

(464 Views) Januari 19, 2016 3:10 pm | Published by | No comment

Sangatta. Permasalahan keterlambatan transfer dana bagi hasil oleh pemerintah pusat pada triwulan ke empat pada akhir tahun 2015 lalu, cukup membuat Pemerintah Kutim kebingungan. Pasalnya, akibat telat transfer ini, pembayaran sejumlah proyek fisik yang dikerjakan di beberapa SKPD terhambat. Bahkan nilainya mencapai Rp 57 miliar.

Menurut Plt Sekekretaris Daerah (Sekda) Kutai Timur Yulianti, pemerintah Kutim pasti akan membayarkan hutang pemerintah kepada pihak ketiga yakni para kontraktor tersebut. Terlebih saat ini pemerintah pusat sudah mentransfer kepada Pemkab Kutim sebesar Rp 72 miliar, walaupun transfer yang seharusnya diterima sebelum akhir Desember lalu, baru dilakukan pada 8 Januari, kemarin.

Lanjutnya, saat ini yang masih menjadi kendala pemerintah adalah bagaimana dana tersebut bisa dicarikan regulasi untuk pembayarannya. Karena dana tersebut baru masuk pada bulan Januari maka otomatis harus dimasukkan pada batang tubuh APBD Kutim terlebih dahulu. Maka kemungkinan baru bisa terbayarkan pada APBD Perubahan Kutim 2016 mendatang.

Dikatakan Yuli, pihaknya dalam minggu ini akan berkonsultasi dengan Kementrian Keuangan (Kemenkeu), BPK dan Provinsi Kaltim agar bisa mendapatkan celah agar dana ini bisa dicairkan dan dibayarkan kepada para kontraktor tanpa mengganggu APBD Kutim murni 2016 ini. Jika ada rekomendari dari Kemenkeu dan BPK terkait pencairan dana tersebut, maka pembayaran akan dapat segera dilakukan. Terlebih tertundanya pembayaran pekerjaan tersebut bukanlah kesalahan dari Pemerintah Kutim namun melainkan dari Pemerintah Pusat.
(voice)
Lebih jauh Yuli berharap, petunjuk dari Kemenkeu dan BPK dapat dikeluarkan pada minggu-minggu ini agar realisasi pembayaran hutang Pemkab ini dapat diselesaikan segera. Sementara jika mengikuti aturan pembagian dana perimbangan dari pusat, seharusnya Pemkab Kutim masih akan mendapatkan kucuran dana perimbangan dari pusat sebesar Rp 200 miliar lagi. Sedangkan jika mengacu pada Perpres nomor 36 tahun 2015 tentang dana bagi hasil, Kabupaten Kutim sebenarnya mendapatkan alokasi dana perimbangan sebesar Rp 600 miliar.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments