Menu Click to open Menus
Home » Hukum » Polres Kutim Amankan Dua Orang Pelaku Pembakaran Lahan Di Kecamtan Batu Ampar

Polres Kutim Amankan Dua Orang Pelaku Pembakaran Lahan Di Kecamtan Batu Ampar

(264 Views) September 19, 2019 6:02 pm | Published by | No comment

Sangatta – Polres Kutai Timur, Kalimantan Timur, mengamankan 2 orang sebagai pelaku pembakaran hutan dan lahan di Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Kutai Timur, keduanya ditangkap sesaat setelah Polsek Muara Bengkal mendapatkan infotmasi dari masyarakat bahwa di wilayah Himba Lestari dusun Wono Sari Kecamatan Batu Ampar terjadi kebakaran lahan.

Kapolres Kutim AKBP Teddy Ristiawan pada saat Rakor Lanjutan Penanggulangan Bencana Karhutla Kab Kutim di ruang meranti Kantor Bupati Kutim Kamis, 19 September menyampaikan bahwa pihaknya  tidak akan melakukan kompromi dengan siapapun yang terlibat secara sengaja melakukan pembakaran Hutan dan Lahan, yang akan berdampak pada masayarakat. ia juga menerangkan bahwa kedua pelaku tersebut telah diamankan di Polres Kutai Timur guna melakukan tahap penyidikan.

Selanjutnya ia menambahkan bahwa setidaknya terdapat beberapa aturan yang melarang warga untuk melakukan pembakaran lahan, salah satunya adalah  UU Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan. Pasal 78 ayat 3 berisi, pelaku pembakaran hutan dikenakan sanksi kurungan 15 tahun dan denda maksimal Rp 5 miliar. Lalu, Pasal 78 ayat 4 berbunyi, pelaku pembakaran hutan dikenakan sanksi kurungan 5 tahun dengan denda maksimal sebesar Rp 1,5 miliar.

Voice : Mike trigunawati

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
This post was written by erwin syuhada
About

Ketidaktahuan tidak akan menolong siapa pun.

Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments