Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Produksi sampah Warga Sangatta Capai 450 M3 Perhari

Produksi sampah Warga Sangatta Capai 450 M3 Perhari

(585 Views) Maret 2, 2017 4:21 pm | Published by | No comment

Sangatta –  produksi sampah warga Sangatta Utara dan Selatan mencapai empat ratus lima puluh meter kubik setiap harinya. Sampah tersebut terdiri dari sampah rumah tangga dan sampah industri.

Banyaknya sampah yang dibuang masyarkat tersebut berakibat pada penumpukan sampah di tempat pembungan akhir (TPA) batota menjadi lebih cepat penuh. TPA batota yang dioperasikan sejak tahun 2013 dengan luasan lahan empat belas hektar, pada awalnya diperuntukkan untuk penggunaan selama sepuluh tahun, namun dengan banyaknya jumlah sampah yang terkumul setiap harinya diprediksi TPA Batota akan penuh kurang dari 7 tahun.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kutai Timur, Ence Ahmad Rifaddin Rizal mengatakan, produksi sampah sangatta empat ratus meter kubik perhari, jika digambarkan dengan rumah dengan ukuran tiga puluh enam meter dengan tinggi tiga meter, maka setiap hari warga Sangatta memproduksi sampah empat koma satu rumah perhari. Untuk itu menurutnya mulai sekarang  masyarakat harus menerapkan reuse, reduce dan recycle.

Permasalahan sampah memang menjadi perhatian pemerintah Kabupaten Kutai Timur, tidak hanya dari segi kapasitas sampah,  namun kampanye mengenai penerapan program reuse, reduce, recycle yaitu menggunakan kembali sampah yang dapat digunakan, mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah dan mengolah kembali sampah menjadi barang baru terus disampaikan ke masyarakat. selain itu masyarakat juga dihimbau tidak membuang sampah di aliran sungai.

Voice : Khusnul Khotimah

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments