Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » PT KTI Gandeng Investor Bangun Power Plan LNG

PT KTI Gandeng Investor Bangun Power Plan LNG

(419 Views) November 19, 2015 8:16 am | Published by | No comment

Sangatta. Perusahaan Daerah (Perusda) PT Kutai Timur Investama  sepertinya kali ini akan serius menjajaki peluang investasi pembangunan power plan untuk mengatasi kekurangan listrik Kutai Timur. Kali ini PT KTI menggandeng investor Serba Dinamika Grup yang memanfaatkan listrik berbasis liquid natural gas (LNG).

Direktur PT KTI, Suyono mengaku peluang investasi yang ditanamkan Serba Dinamika Grup ini akan diseriusi. Terlebih melihat perusahaan tersebut menjamin investasi pembangunan power plan dengan biaya pribadi atau investasi murni atau tanpa pendanaan dari pemerintah, seperti beberapa investor lainnya.

Lanjutnya, dalam waktu dekat PT KTI bersama Serba Dinamika Grup akan melakukan penandatanganan MOU kerja sama pembangunan power plan untuk kawasan perkantoran pemerintahan Kutai Timur di Bukit Pelangi, Sangatta. ini dilakukan karena  kawasan ini juga masih bergantung pada power plan dengan bahan baku solar. Sehingga dipastikan dengan power plan berbasis LNG ini mampu mengurangi kebutuhan listrik perkantoran bukit pelangi yang bisa menghabiskan penggunaan solar sebanyak 80 ton per bulan.

(Voice)

Sementara itu dalam presentasinya pada Rabu (18/11) pagi, Yauche Lizar, Direktur Operasional Serba Dinamika Grup selaku investor akan mengambil bahan baku gas dari LNG Badak di Bontang dengan menggunakan truk. Nantinya gas cair tersebut akan diolah menjadi energi listrik di pabrik yang akan dibangun di Sangatta.  Kapasitas yang dihasilkan tergantung dari permintaan pemerintah dengan kebutuhan lahan sekira dua sampai lima hektare.

Dalam operasionalnya, power plan ini juga menghasilkan panas yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan pemurnian air laut menjadi air tawar dengan sistem desalinasi.  Bahkan dirinya menjamin listrik LNG lebih murah dari pada pabrik listrik berbahan baku solar, dengan asumsi penghematan per KWH Rp 298,45 atau per bulan mampu menghemat Rp 247.116.600 juta untuk kapasitas power plan dengan daya 3 MW.

——–

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments